Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Aksi Spekulasi Eksportir-Importir Picu Lamanya Dwelling Time

Kepala Badan Inovasi dan Bisnis Ventura Institut ITS Surabaya Saut Gurning aksi spekulasi dari importir dan eksportir menjadi salah satu faktor pendorong lamanya dwelling time di Pelabuhan Tanjung Priok.
Veronika Yasinta
Veronika Yasinta - Bisnis.com 22 Juni 2015  |  03:33 WIB
Aksi Spekulasi Eksportir-Importir Picu Lamanya Dwelling Time
Dwelling time yang kerap memicu stagnasi di Pelabuhan Tanjung Priok. - Ilustrasi
Bisnis.com, JAKARTA--Kepala Badan Inovasi dan Bisnis Ventura Institut ITS Surabaya Saut Gurning aksi spekulasi dari importir dan eksportir menjadi salah satu faktor pendorong lamanya dwelling time di Pelabuhan Tanjung Priok.
 
Menurutnya, jalur merah tersebut akibat dominannya perilaku importir dan eksportir yang sering berspekulasi melakukan kegiatan ekspor-impor dengan perizinan yang belum selesai.
 
Bahkan, pelaku ekspor-impor belum mengurus izin tetapi barang sudah bergerak dari pelabuhan asal atau pelabuhan muat.
 
Jadi masih banyak dominan importir atau eksportir nakal telah menyetujui barangnya datang ke Priok atau saat kargo impornya sudah berada di Container Yard baru mulai melakukan proses pengurusan ijin impor, katanya.
 
Selai itu, dia menyebutkan bahwa biaya tarif progresif menumpuk kontainer di pelabuhan masih lebih murah dibandingkan biaya ongkos gudang termasuk dikirim atau lewat Inland Container Depot (ICD).
 
Dia berharap pemerintah menetapkan kebijakan baru agar pelabuhan tidak melayani kargo yang tidak menyelesaikan proses perizinan ekpor-impor.
 
Ketegasan atas importir dan eksportir nakal seperti ini perlu menjadi komitmen semua entitas perdagangan nasional tanpa memandang bulu tanpa kompromi dalam pengurusan kepabeanan, ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

importir dwelling time pelabuhan tanjung priok eksportir
Editor : Rustam Agus

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    back to top To top