Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KI Jababeka Akan Kembangkan 100 Kota Mandiri

PT Kawasan Industri Jababeka Tbk. berniat mengembangkan 100 kota dengan konsep kota mandiri di seluruh Indonesia, menduplikasi konsep yang sudah dibangun di Cikarang, Jawa Barat.
Annisa Margrit
Annisa Margrit - Bisnis.com 29 Januari 2015  |  18:30 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—PT Kawasan Industri Jababeka Tbk. berniat mengembangkan 100 kota dengan konsep kota mandiri di seluruh Indonesia, menduplikasi konsep yang sudah dibangun di Cikarang, Jawa Barat.

Presiden Direktur Kawasan Industri Jababeka (KIJA) Setyono Djuandi Darmono mengatakan pembangunan di 100 kota ini dimulai dengan memaksimalkan potensi utama masing-masing kota, sehingga nantinya menciptakan multiplier effect.

“Tahun lalu, PBB mengatakan pada 2050 dibutuhkan 10.000 kota baru. Urbanisasi sangat tinggi. Indonesia setidaknya butuh 500 kota baru pada 2050,” paparnya, Kamis (29/1).

Saat ini, perseroan juga tengah mengembangkan sejumlah proyek di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, Banten dan Morotai, Maluku.

Rencananya, pada Juni 2015 airstrip atau landasan pacu pesawat terbang di Tanjung Lesung sudah dapat beroperasi.

Luas lahan di Tanjung Lesung mencapai 1.500 hektare dan difokuskan sebagai kawasan pariwisata.

Adapun Morotai memiliki luas sekitar 1.250 hektare.

Berdasarkan catatan Bisnis, kawasan ini nantinya bakal dikembangkan sebagai daerah berbasis industri dengan tujuh zona pengembangan, seperti pariwisata, bisnis, pusat logistik, industri penunjang, serta perikanan.

Darmono melanjutkan pengembangan Morotai masih menunggu hasil pembicaraan dengan para pengusaha dan Pemerintah Taiwan, yang merupakan investor utama.

“Kami sudah bangun hotel, ada promosi-promosi. Pemerintah daerahnya juga sudah menerima dana dari pemerintah pusat. Tinggal bagaimana kita kembangkan lagi supaya mereka [investor] tertarik masuk,” paparnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kota mandiri kawasan industri jababeka
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top