Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pendapatan Pelindo III Meningkat 18,1%

PT Pelabuhan Indonesia (III) menyatakan raihan pendapatan pada kuartal pertama tahun ini mengalami peningkatan 18,1%, dengan total Rp1,3 triliun dibanding periode sama tahun sebelumnya, sebesar Rp1,1 triliun.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com,JAKARTA- PT Pelabuhan Indonesia (III) menyatakan raihan pendapatan pada kuartal pertama tahun ini mengalami peningkatan 18,1%, dengan total Rp1,3 triliun dibanding periode sama tahun sebelumnya, sebesar Rp1,1 triliun.

Jumlah pendapatan itupun setara 26% realisasi target pendapatan tahun ini yang dipatok sebesar Rp5 triliun. Perusahaan BUMN ini bertanggungjawab sebagai operator di tujuh wilayah provinsi Indonesia, yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Target pendapatan itu diklaim mengalami kenaikan  15% dari realisasi tahun sebelumnya. Kinerja keuangan positif itupun dijadikan alasan Pelindo III untuk lebih meningkatkan kapasitas di beberapa pelabuhan a.l.  merampungkan pembangunan Pelabuhan Teluk Lamong, yang rencananya pada tahap I akan menampung volume barang  2,5 juta TEUs per tahun.

Adapun,  pada tahap II, pelabuhan yang masih dalam realisasi pembangunan itu ditarget menampung hingga 6 juta TEUs. Sepanjang  2014, PT Pelindo III juga mengalokasikan dana untuk investasi  Rp4,5 triliun.

Alokasi dana investasi tersebut nantinya akan digunakan dalam pengembangan fasilitas pelabuhan seperti penambahan panjang dermaga dan memperluas lapangan penumpukan serta pengadaan peralatan bongkar muat. 

Dana tersebut, menurut Humas PT Pelindo III Edi Priyanto, digunakan untuk melakukan ekspansi usaha di antaranya pengembangan Terminal Teluk Lamong dan pembangunan kawasan industri terpadu dengan pelabuhan di kawasan Gresik (Java Integrated Industrial Estate/JIIPE).

Edi  mengatakan kinerja keuangan yang positif itu merupakan buah dari peningkatan realisasi kunjungan kapal di wilayah kerja PT Pelindo III. Sepanjang triwulan pertama 2014, tercatat 17.627 unit, naik 9,9% dibandingkan dengan periode yang sama pada  2013, yaitu  16.026 unit.

Dalam satuan. berat Gross Tonage (GT) kapal, tercatat 72.474.357 GT, naik 16,8% dibandingkan  dengan 2013 pada periode yang sama yaitu 62.010.219 GT. Demikian halnya dengan arus petikemas juga menunjukkan peningkatan, tercatat realisasi triwulan I  2014 sebanyak 1.079.675 Teus atau 11% dibandingkan dengan dengan  2013 pada periode yang sama dimana tercatat 971.505 TEUs.

Realisasi arus petikemas tersebut disumbang oleh 2 (dua) tempat terminal, yaitu terminal konvensional dan terminal petikemas, ujar Edi kepada Bisnis, Jumat (16/5/2014).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper