Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jalur Kereta Api Ganda Duri-Tangerang Rampung Akhir Bulan Ini

Kementerian Perhubungan memastikan pengoperasian jalur ganda Duri-Tangerang bisa terlaksana pada akhir April ini.

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan memastikan pengoperasian jalur ganda Duri-Tangerang bisa terlaksana pada akhir April ini.

Kepala Humas Ditjen Perkeretaapian Kemenhub Muhartono mengatakan hingga saat ini pembangunan jalur ganda sepanjang 19,2 km itu hampir rampung,  sehingga dia memastikan pengoperasian akan berhasil pada akhir bulan ini.

“Itu merupakan proyek tahun jamak, dari penyelesaian jalur ganda dan elektrifikasi sistem,” ujarnya kepada Bisnis, Minggu (13/4/2014).

Proyek pengerjaan jalur ganda ini terhitung dimulai sejak 2010. Saat itu jalur eksisting dari Duri hingga Tangerang masih merupakan jalur tunggal.

Total anggaran pembangunan tersebut berasal dari APBN sebesar Rp640 miliar. Adapun lingkup pekerjaan jalur ganda KA lintas Duri-Tanggerang meliputi Pekerjaan tubuh baan, pemasangan rel ganda, pembangunan jembatan KA, peningkatan persinyalan dan telekomunikasi, pembangunan listrik aliran atas (LAA).

Menurut Muhartono, saat ini progres pembangunan itu tinggal menunggu tahap ujicoba. Sedangkan proses elektrifikasi, dia menjamin telah selesai seluruhnya.

Penyelesaian proyek itupun diprediksi akan memicu peningkatan mobilitas KA. “Akan meningkatkan kapasitas lintas KRL dari 52 KA/hari menjadi 104 KA/hari, mempercepat waktu tempuh serta dalam rangka mendukung KA Bandara Soekarno-Hatta (Commuter line).”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper