Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Syarat Indonesia Jadi Negara Maju

Pemerintah harus mampu mengurangi permasalahan sosial seperti sekarang ini, bila Indonesia ingin menjadi negara maju.

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah harus mampu mengurangi permasalahan sosial seperti sekarang ini, bila Indonesia ingin menjadi negara maju.

Pengamat sosial Karina Soerbakti mengatakan tidak jauh berbeda dengan negara lain, Indonesia sebagai negara berkembang sering dihadapkan dengan berbagai macam masalah, salah satunya masalah sosial.

“Jika Indonesia ingin menjadi negara maju, pemerintah harus dapat mengurangi permasalahan sosial yang ada,” ujarnya dalam siaran pers, Sabtu (25/1/2014).

Jika masalah itu tidak dapat dikurangi, maka selamanya Indonesia akan berada dalam status negara berkembang.

Menurut Karina, masalah sosial yang terjadi berhubungan erat dengan dunia perekonomian. Oleh sebab itu, pemerintah harus bekerja lebih keras untuk meningkatkan perekonomian sehingga dampak positifnya dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Salah satu cara untuk meningkatkan perekonomian adalah mengembangkan industri kreatif. Banyak potensi industri kreatif yang dapat dikembangkan agar perekonomian nasional dapat meningkat, seperti menggiatkan industri kerajinan, perfilman, dan musik Tanah Air.

Bila melihat perkembangan ekonomi yang mampu diraih Korea Selatan saat ini, tentu tidak dapat dilepaskan dari kegiatan ekonomi kreatifnya.

“Pemerintah mereka sangat mendukung melalui kebijakan-kebijakan yang dilahirkan. Hasilnya dapat dirasakan sekarang, perekonomian mereka meningkat signifikan. Selain itu, musik dan filmnya pun telah mewabah ke seluruh dunia,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdiyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper