Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Trans Sumatera: Hatta Desak Dahlan Lebih Aktif

Bisnis.com, JAKARTA— Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa meminta Dahlan Iskan selaku Menteri BUMN untuk aktif membahas proyek pembangunan tol Trans Sumatera bersama Komisi VI DPR agar dapat segera dimulai. “Dahlan Iskan harus

Bisnis.com, JAKARTA— Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa meminta Dahlan Iskan selaku Menteri BUMN untuk aktif membahas proyek pembangunan tol Trans Sumatera bersama Komisi VI DPR agar dapat segera dimulai.

“Dahlan Iskan harus rajin membahas dengan Komisi VI. Sayang sekali kalau tidak dimulai tahun ini, padahal dana sudah siap Rp5 triliun. Kalau ini tidak disetujui DPR, berarti proyek tidak bisa dimulai,” ujarnya, Jumat (13/9/2013).

Seperti diketahui, Komisi VI menolak memberi dana penyertaan modal negara (PMN) Rp2 triliun untuk PT Hutama Karya guna pembangunan proyek tol Trans Sumatera. Akibatnya, pembangunan proyek tol tersebut menjadi tertunda.

Pada tahun depan, lanjutnya, ada tambahan anggaran Rp5,1 triliun dalam bentuk PMN kepada Hutama Karya untuk pembangunan proyek tol ini. Kendati demikian, pencairan dana untuk proyek tol Trans Sumatera tetap memerlukan persetujuan Komisi VI.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto memperkirakan groundbreaking tahap pertama jalan tol Trans Sumatera yang terdiri dari 23 ruas, akan dilakukan pada September atau Oktober 2013.

Menurutnya, pada tahap pertama proyek tol Trans Sumatera, pemerintah akan membangun empat ruas tol, a.l ruas Medan-Binjai (16,8 km), ruas Pekanbaru-Dumai (135 km), Palembang-Indralaya (22 km) dan Bahauheni-Terbanggi Besar (150 km), dengan total investasi Rp31,5 triliun. (ltc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper