Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Konsumsi Semen Anjlok, Realisasi Proyek Tetap Tinggi

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Pekerjaan Umum mengklaim anjloknya konsumsi semen nasional tidak akan memengaruhi realisasi anggaran di lingkungan kementerian.
Dimas Novita Sari
Dimas Novita Sari - Bisnis.com 13 September 2013  |  13:57 WIB
Konsumsi Semen Anjlok, Realisasi Proyek Tetap Tinggi

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Pekerjaan Umum mengklaim anjloknya konsumsi semen nasional tidak akan memengaruhi realisasi anggaran di lingkungan kementerian.

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan hingga 11 September 2013, penyerapan fisik kementerian mencapai 47,5% dari total anggaran Rp82,4 triliun.

Capaian tersebut, lanjutnya, terbilang rendah mengingat pagu anggaran 2013 yang naik pada medio tahun, dari sebelumnya Rp73 triliun menjadi Rp82,4 triliun.

“Kami mendapatkan tambahan berupa direktif Presiden dan juga alokasi dari penghematan subsidi bbm, sehingga di bulan kesembilan masih di bawah 50%,” katanya, Jumat (13/9/2013).

Kendati demikian, kata Djoko, pihaknya yakin anggaran tersebut dapat terserap maksimal hingga akhir tahun, mengingat tender proyek-proyek dana tambahan tersebut sudah berjalan.

Menurutnya, pada bulan depan realisasi proyek akan bergerak cepat mengikuti siklus yang ada.

“Tidak ada masalah, masih tetap lancar,” tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, total konsumsi nasional anjlok -5,8% pada Agustus 2013 dibandingkan dengan periode sebelumnya. Adapun rinciannya, Sumatra -6,0%, Jawa -5,6%, Kalimantan -23,3%, Maluku dan Papua -33,9%. (Bisnis, 11 September 2013).

Ketua Asosiasi Konstruksi Indonesia (AKI) Sudarto mengatakan kondisi tersebut terutama disebabkan rendahnya realisasi proyek yang didanai APBN dan APBD yang masih diangka 40%.

Selain itu, pelemahan rupiah juga menjadi faktor pemicu lainnya yang membuat banyak tender proyek diundur karena belum adanya penyesuaian harga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kementerian pu djoko kirmanto konsumsi semen realisasi proyek
Editor : Nurbaiti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top