Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

RPP Bank Tanah Masih Dibahas di Menko Kesra

BISNIS.COM, JAKARTA--Kementerian Perumahan Rakyat saat ini tengah membahas rancangan peraturan pemerintah (RPP) land bank atau bank tanah untuk pembangunan rumah murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 01 Juli 2013  |  16:02 WIB
RPP Bank Tanah  Masih Dibahas di Menko Kesra
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA--Kementerian Perumahan Rakyat saat ini tengah membahas rancangan peraturan pemerintah (RPP) land bank atau bank tanah untuk pembangunan rumah murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Agus Sumargiarto, Deputi Bidang Pengembangan Kawasan Kemenpera, mengatakan RPP tersebut dibentuk untuk mendorong pemerintah daerah agar menyediakan tanah bagi pembangunan perumahan rakyat.

"RPP land bank ini masih dalam proses pembahasan di Menko Kesra [Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat] ," katanya, di Jakarta, Senin (1/7/2013).

Sebenarnya, katanya, penyediaan lahan oleh pemerintah daerah tersebut sudah berjalan berdasarkan MoU (memorandum of understanding) antara Kemenpera dengan pemda-pemda, tetapi penyediaan lahan untuk pembangunan perumahan tersebut diutamakan bagi pegawai negeri sipil (PNS).

"Bisa saja pemerintah yang menyediakan tanah, nanti kita kerjasama dengan pengembang dan kontraktor dalam membangun. Tapi saat ini PNS dulu, artinya kalau PNS sudah terpenuhi, sisanya bisa untuk yang swasta," katanya.

Diketahui, dalam percepatan pembangunan perumahan rakyat untuk mengurangi angka backlog yang mencapai 15 juta unit tersebut, para pengembang sering kali merasa kesulitan untuk membangun lantaran harga tanah yang semakin mahal. Sementara, harga jual rumah dituntut lebih murah dari nilai produksinya.

Beberapa pengembang pun menginginkan pola kerjasama dengan pemerintah dalam penyediaan lahan, dan pengembang yang akan membangun. (C51) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenpera rumah murah perumahan rakyat land bank
Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top