Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PELINDO III Pelindo III Beli Alat Bongkar Muat dari Konecranes untuk Teluk Lamong

BISNIS.COM, JAKARTA—PT Pelabuhan Indonesia III menunjuk perusahaan asal Finlandia, Konecranes Finland Corporation untuk menyediakan peralatan bongkar muat yang akan dioperasikan pada Terminal Multipurpose Teluk Lamong,-Surabaya.
Henrykus F. Nuwa Wedo
Henrykus F. Nuwa Wedo - Bisnis.com 29 April 2013  |  06:03 WIB
PELINDO III Pelindo III  Beli Alat Bongkar Muat dari Konecranes untuk Teluk Lamong
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA—PT Pelabuhan Indonesia III menunjuk perusahaan asal Finlandia, Konecranes Finland Corporation untuk menyediakan peralatan bongkar muat yang akan dioperasikan pada Terminal Multipurpose Teluk Lamong,-Surabaya.

Kepala Humas PT Pelabuhan Indonesia III (PT Pelindo III) Edi Priyanto menjelaskan Konecranes Finland Corporation akan menyediakan sejumlah alat bongkar muat dengan nilai kontrak US$65.998.100.

“Perusahaan asal Finlandia yang menang lelang dan proses pemotongan plat pertama produksi ship to shore dilakukan di China. Total semua alat bongkar muat dari beberapa perusahaan asing mencapai Rp1,5 triliun,” ujarnya kepada Bisnis, Minggu Malam (28/4).

Edi menjelaskan Konecranes Finland Corporation menggandeng perusahaan sub kontraktor asal China yaitu Jiangsu Hailong Heavy Machinery Co Ltd untuk melakukan pemotongan plat dan perakitan ship to shore crane.

Dia menyatakan perusahaan asal Finlandia  itu akan mendatangkan 10 unit alat ship to shore (STS) crane yang akan diselesaikan dalam dua tahap yaitu lima unit ship to shore pada 2014 dan lima unit ship to shore pada 2016.

Selain itu perusahaan spesialis peralatan bongkar muat asal Finlandia itu juga akan mengerjakan 20 unit automatic stacking crane (ASC) dan lima unit straddle carrier (SC).

Sesuai rencana PT Pelindo III, imbuhnya, 10 unit stacking crane dan lima unit straddle carrier akan didatangkan pada 2014 dan 10 unit automatic stacking crane akan diselesaikan pada 2016.

Konecranes menyisihkan peserta lelang dari beberapa negara seperti China, Korea dan Finlandia.

Menurutnya PT Pelindo III juga menggandeng perusahaan asal Perancis yaitu Gaussin SA untuk mendatangkan 50 unit automotive terminal tractor (ATT) senilai US$10.850.000.

Dia menambahkan pihaknya juga bekerja sama dengan perusahaan asal Australia, Realtime Bussiness  Solution PTY Ltd untuk menyediakan sistem informasi dan teknologi dengan nilai US$8.255.000.

Menurutnya proyek pengadaan alat bongkar muat yang menghabiskan anggaran Rp1,5 triliun itu akan digunakan secara bertahap pada saat pengoperasian Terminal Multipurpose Teluk Lamong pada Triwulan II 2014. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelayaran pt pelindo iii alat bongkar muat pelabuhan surabaya

Sumber : Henrykus F. Nuwa Wedo

Editor : Sutarno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top