Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Sentral Korea (BoK) Pangkas Suku Bunga Acuan ke 3,25%

Bank sentral Korea Selatan, Bank of Korea (BoK), memangkas suku bunga acuannya setelah pasar properti lokal menunjukkan tanda pemulihan dan menurunnya inflasi.
Warga Korea Selatan berjalan di kawasan Myeong-dong, Seoul/Bisnis-Annisa S. Rini
Warga Korea Selatan berjalan di kawasan Myeong-dong, Seoul/Bisnis-Annisa S. Rini

Bisnis.com, JAKARTA – Bank sentral Korea Selatan, Bank of Korea (BoK), memangkas suku bunga acuannya 25 basis poin menjadi 3,25%.

Mengutip Bloomberg pada Jumat (11/10/2024), bank sentral menurunkan suku bunga acuan setelah pasar properti menunjukkan tanda pemulihan dan menurunnya tekanan inflasi.

Keputusan pemangkasan tersebut sebelumnya telah diprediksi oleh 20 dari 22 ekonom yang disurvei oleh Bloomberg. Dua responden lainnya memperkirakan bank akan mempertahankan suku bunga pada 3,5% untuk membantu mengendalikan harga rumah yang berisiko memacu lebih banyak utang rumah tangga.

Dengan kebijakan itu, BOK bergabung dengan gelombang perubahan arah bank sentral untuk memulai siklus pelonggaran dalam upaya menghidupkan kembali momentum perekonomian saat tekanan inflasi telah mereda.

Bank sentral AS, Federal Reserve atau The Fed pada bulan lalu memangkas suku bunga acuannya sebesar setengah poin persentase untuk memastikan pendaratan lunak atau soft landing bagi perekonomian lebih diutamakan daripada upaya melawan inflasi.

“Penurunan suku bunga tidak hanya merespons konsumsi yang lesu, namun juga menunjukkan BOK mampu sedikit melonggarkan tekanan mengingat tekanan yang mendorong tingkat inflasi kembali di atas 2% tampaknya terbatas,” kata Ahn Yea-ha, analis di Kiwoom Securities. Co

Ahn memperkirakan pelonggaran kebijakan moneter BOK akan dilakukan bertahap dengan bank sentral menahan suku bunga pada November mendatang.

Sebelum pemangkasan ini, BOK telah mempertahankan suku bunga pada tingkat 3,5% selama lebih dari satu setengah tahun. Para pengambil kebijakan memperpanjang pola bertahan dalam beberapa bulan terakhir di tengah kekhawatiran bahwa sinyal awal dari perubahan tersebut mungkin akan semakin memicu rebound di pasar perumahan dan mengancam stabilitas keuangan.

Pemotongan suku bunga mencerminkan kekhawatiran atas stagnannya belanja swasta dan risiko kredit terkait industri konstruksi. Hal tersebut karena sebagian besar peminjam menggunakan suku bunga mengambang, beban bunga telah memberikan hambatan pada konsumsi, sehingga mendorong beberapa anggota parlemen menyerukan bank sentral untuk menurunkan suku bunga.

“Mengingat sentimen negatif yang ada dan pemotongan suku bunga yang cukup besar oleh The Fed, pasar memperkirakan penurunan suku bunga yang lebih cepat oleh BOK untuk mendukung pertumbuhan dan momentum ekonomi,” kata ekonom Standard Chartered Bank, Chong Hoon Park dan Nicholas Chia dalam sebuah catatan sebelum pengambilan keputusan.

Namun, mereka menyebut sentimen negatif terhadap perekonomian Korea terlalu berlebihan, dan BOK kemungkinan akan tetap berhati-hati dalam menurunkan suku bunga dasar secara agresif karena mempertimbangkan risiko terhadap stabilitas keuangan.

Adapun, pemerintah telah berusaha mengendalikan pasar perumahan dengan berjanji untuk meningkatkan pasokan rumah dan dengan meluncurkan peraturan yang lebih kuat mengenai pinjaman hipotek.

Analis Goldman Sachs, Goohoon Kwon dan Andrew Tilton dalam laporannya menyebut, pelonggaran kebijakan moneter dengan kecepatan terukur juga dapat membantu merekayasa soft landing pasar properti melalui koordinasi yang erat dengan regulator keuangan.

“Dengan pertumbuhan ekspor yang moderat dan potensi hambatan lain terhadap perekonomian, BOK kemungkinan akan melakukan pemotongan seperempat poin setiap kuartal hingga mencapai angka 2,5% pada kuartal ketiga tahun depan,” jelasnya.

Halaman
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper