Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

11 KRL Impor dari China Tiba di RI 2025, Kapan Beroperasi?

KAI Commuter menyebutkan 11 rangkaian kereta (trainset) baru yang diimpor dari China akan datang bertahap pada semester I/2025.
Rangkaian kereta rel listrik atau KAI Commuter melintas di Jakarta, Senin (18/9/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha
Rangkaian kereta rel listrik atau KAI Commuter melintas di Jakarta, Senin (18/9/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter menyebutkan 11 rangkaian kereta (trainset) baru yang diimpor dari China akan datang bertahap pada semester I/2025 dan beroperasi paling lambat semester II/2025. 

Manajer Humas KCI, Leza Arlan, mengatakan 11 trainset yang dipesan dari China, CRRC Sifang Co. Ltd. akan tiba di Indonesia paling lama semester I/2025. Kereta impor tersebut akan dioperasikan pada semester II/2025 setelah lolos uji sertifikasi dan sesuai dengan regulasi Kementerian Perhubungan.

“Tahun depan mudah-mudahan time deliver sesuai di semester I/2025. Itu kalau sesuai time delivery, makanya kita jagain. Keretanya datang yang dari CRRC dan dari INKA juga. mudah mudahan semester II/2024 setelah uji sertifikasi dan sesuai dengan regulasi kemenhub selesai, bisa dinikmati,” kata Leza di Jakarta, Senin (12/8/2024). 

KAI Commuter memilih untuk kembali membeli trainset dari CRRC Sifang Co. Ltd karena ketepatan waktu pengiriman yang dijanjikan perusahaan. Pihak CRRC Sifang menargetkan 11 trainset impor tersebut sudah dapat diterima KAI Commuter pada semester I/2025. 

Selain itu, KAI Commuter juga telah mendesain spesifikasi khusus trainset yang dibutuhkan kepada CRRC Sifang saat akan mengimpor 3 rangkaian kereta sebelumnya.

Selain dari China, KCI juga akan kedatangan 16 trainset yang dipesan dari PT Industri Kereta Api atau INKA

Berdasarkan catatan Bisnis, nilai investasi untuk 11 trainset China tersebut mencapai Rp2,88 triliun. Perinciannya, 8 trainset senilai Rp2,1 triliun, sedangkan 3 sisanya yang memang sudah dipesan lebih awal memiliki nilai investasi sebesar Rp783 miliar. 

Sementara untuk pemesanan trainset ke INKA, KCI merogoh anggaran sebesar Rp3,83 triliun untuk 16 trainset. Rangkaian kereta buatan INKA tersebut akan diterima KAI Commuter secara bertahap pada 2025 dan 2026.

Secara terperinci, sebanyak 12 trainset akan datang pada 2025, sementara 4 unit sisanya diterima pada 2026. 

Sebelumnya, VP Public Relation KAI, Anne Purba menyebutkan KCI juga berencana untuk menambah 8 trainset buatan Inka pada 2027. Sehingga, total pesanan kereta KAI Commuter dari Inka pada periode 2023-2027 adalah sebanyak 24 rangkaian kereta.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper