Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KAI: Jumlah Penumpang KRL Januari-Juli 2024 Tembus 191.895.323 Orang

PT KAI mencatat kenaikan jumlah penumpang KRL, KA Lokal, dan LRT Jabodebek periode Januari-Juli 2024. KRL menjadi yang tertinggi dengan 191.895.323 Orang
Sejumlah penumpang berada di dalam gerbong Kereta Rel Listrik di Stasiun Manggarai, Jakarta, Senin (2/1/2022). Bisnis/Suselo Jati
Sejumlah penumpang berada di dalam gerbong Kereta Rel Listrik di Stasiun Manggarai, Jakarta, Senin (2/1/2022). Bisnis/Suselo Jati

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat kenaikan jumlah penumpang KRL, Kereta Api Lokal, dan LRT Jabodebek periode Januari-Juli 2024 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. 

Vice President Public Relations KAI Anne Purba menjelaskan antusias masyarakat yang tinggi menggunakan kereta api perkotaan, selain alasan murah serta bebas dari kemacetan, kini fasilitasnya juga terus ditingkatkan sehingga penumpang lebih nyaman.

Pada Januari-Juli 2024 volume penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) tercatat sebanyak 191.895.323 penumpang atau naik 15,89% dari periode yang sama di 2023 sebanyak 165.581.152 penumpang. 

Tren yang sama juga terjadi pada angkutan penumpang KA Lokal. Jumlah penumpang yang berhasil diangkut yaitu 20.694.169 orang pada periode Januari-Juli 2024 atau naik 9,84% dari periode yang sama tahun lalu sebanyak 18.840.027 penumpang.

Kemudian pada layanan KA perkotaan terbaru yaitu LRT Jabodebek untuk aktivitas sehari-hari seperti bekerja, sekolah dan lainnya juga sangat tinggi. Sejak awal diluncurkan pada Agustus 2023 sampai Juli 2024 LRT Jabodebek telah berhasil mengangkut 15.275.593 penumpang. 

“Tingginya volume [penumpang] tersebut juga menunjukan kereta perkotaan kini semakin menjadi solusi transportasi bagi masyarakat urban di wilayah Jabodebek,” kata Anne dalam keterangan resmi, Selasa (6/8/2024). 

Anne juga menyebutkan beberapa fasilitas baru yang disediakan seperti fasilitas KRL saat ini tersedia Commuter Shelter Bike atau fasilitas parkir sepeda gratis di area stasiun dengan desain yang lebih sporty.

Dia juga mengatakan untuk mendukung integrasi antar moda, dua stasiun KRL juga terkoneksi dengan stasiun LRT Jabodebek yaitu Stasiun LRT Dukuh Atas dengan Stasiun KRL Sudirman serta Stasiun LRT Cikoko dengan Stasiun KRL Cawang.

Selain itu, dalam mendukung program berkelanjutan berbasis lingkungan, di beberapa stasiun KRL, KA Lokal, dan LRT Jabodebek juga sudah tersedia fasilitas drinking water station.

Saat ini, di stasiun-stasiun kereta perkotaan baik KRL, KA Lokal, dan LRT Jabodebek juga tersedia toilet yang bersih, toilet khusus disabilitas, ruang laktasi, eskalator, tangga, lift, musala, ruang kesehatan dan fasilitas lainnya untuk memenuhi kebutuhan penumpang. 

Anne mengklaim minat masyarakat yang tinggi menggunakan kereta perkotaan menjadi salah satu motivasi KAI Group untuk terus meningkatkan fasilitas dan layanan. Perkembangan infrastruktur kereta menurutnya juga harus diimbangi dengan lifestyle atau budaya masyarakat agar disiplin bertransportasi untuk kenyamanan bersama. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper