Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kepala Otorita IKN Mundur, Begini Nasib Kereta Otonom ART

Berikut perkembangan terakhir rencana uji coba Kereta Otonom ART usai Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono mundur dari jabatannya
Kepala Otorita IKN Bambang Susantono - Youtube Setpres.
Kepala Otorita IKN Bambang Susantono - Youtube Setpres.

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono mundur dari jabatannya bersamaan dengan wakilnya, Dhony Rahajo.

Kabar tersebut telah dikonfirmasi oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

"Bapak Presiden menerima surat pengunduran diri dari Pak Doni Rahajoe selaku Wakil Kepala Otorita IKN. Kemudian, beberapa waktu berikutnya Pak Presiden juga menerima surat permohonan pengunduran diri dari Pak Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita," kata Pratikno dalam konferensi pers di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/6/2024).

Presiden Jokowi mengangkat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala OIKN dan Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Raja Juli Antoni sebagai Plt. Wakil Kepala OIKN.

Kendati demikian, keputusan tersebut tidak akan mengganggu pelaksanaan rencana uji coba kereta otonom atau Autonomous Rail Transit (ART) di IKN.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan proses uji coba kereta otonom di IKN akan dilaksanakan pada Agustus 2024. Adapun, rangkaian kereta (trainset) otonom yang akan diuji coba di IKN adalah kereta buatan China.

"Agustus 2024 kita harapkan uji coba [kereta otonom]. Itu belum merupakan pembangunan yang sifatnya dari APBN, masih diuji," kata Budi Karya, Selasa (28/5/2024).

Budi Karya menambahkan, kereta otonom belum akan dioperasikan secara komersial selama masa uji coba tersebut. Namun, dia tidak memperinci secara detail berapa lama uji coba kereta otonom tersebut akan berlangsung.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana untuk membeli sebanyak tiga trainset dari China untuk kereta otonom atau Autonomous Rail Transit (ART) di IKN.

Masing-masing trainset yang akan dibeli terdiri atas 3 gerbong atau kereta, sehingga, secara keseluruhan Indonesia akan membeli sebanyak 9 kereta.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper