Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Panjang Waisak, 128.000 Tiket Kereta Keberangkatan dari Jakarta Terjual

Sekitar 128.000 tiket kereta keberangkatan dari Stasiun Gambir Dan Stasiun Pasar Senen terjual untuk periode long weekend Hari Waisak 2024.
Suasana gerbong kereta Argo Parahyangan jurusan Gambir - Bandung terlihat kosong dari penumpang di Stasiun gambir, Jakarta, Jumat (27/3). Bisnis/Dedi Gunawan
Suasana gerbong kereta Argo Parahyangan jurusan Gambir - Bandung terlihat kosong dari penumpang di Stasiun gambir, Jakarta, Jumat (27/3). Bisnis/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Daop 1 Jakarta melaporkan telah menjual sekitar 128.000 tiket KA keberangkatan dari Stasiun Gambir Dan Stasiun Pasar Senen untuk periode long weekend Hari Waisak 23-26 Mei 2024.

Manager Humas Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko menuturkan, sebanyak 44.000 tiket terjual adalah untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dengan operasional KAJJ sebanyak 33 perjalanan per harinya.

Sementara itu, 84.000 lebih tiket untuk keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen dengan operasional KAJJ sebanyak 31 perjalanan per hari. 

Adapun, untuk periode long weekend ini, KAI Daop I menyediakan total sebanyak 181.523 tempat duduk dengan operasional 320 perjalanan KAJJ sudah termasuk KA-KA Tambahan.

Sebanyak 108.340 tempat duduk untuk keberangkatan KAJJ dari Stasiun Pasar Senen dan 73.183 tempat duduk untuk keberangkatan KAJJ dari Stasiun Gambir. 

Dia menuturkan jumlah volume pengguna jasa paling tinggi terpantau pada 23 Mei 2024 dengan total 36.000 penumpang keberangkatan KAJJ dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen. 

"Dari jumlah tersebut yang menjadi tujuan favorit penumpang adalah Surabaya, Malang, Solo, Yogyakarta, Purwokerto, Tegal dan Bandung," kata Ixfan dalam keterangan resminya, Jumat (24/5/2024).

Adapun, jumlah penumpang yang berangkat dari Jakarta pada hari Jumat (24/5/2024) terpantau sebanyak 22.500. Secara terperinci, 15.200 penumpang KA berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan 7.300 lainnya dari Stasiun Gambir. 

Dia menuturkan, jumlah tersebut masih tergolong tinggi jika dibandingkan dengan hari-hari normal. Angka tersebut dapat bertambah karena penjualan tiket masih terus berlangsung, baik secara online maupun di loket stasiun keberangkatan.

Ixfan mengingatkan kembali kepada seluruh pengguna jasa Kereta Api Jarak Jauh yang akan berangkat dari stasiun Pasar Senen dan Gambir agar memperhatikan kembali jadwal keberangkatannya, jangan sampai salah tanggal dan/atau tertinggal karena terlambat datang ke stasiun. 

“Para Pelanggan yang tiba di stasiun keberangkatan agar selalu memperhatikan barang bawaan dan pengumuman-pengumuman yang disampaikan oleh Petugas Stasiun. Barang bawaan penumpang [bagasi] jangan melebihi batas ketentuan yang telah ditetapkan, yaitu 20 kg per penumpang. Jika melebihi maka akan dikenakan biaya tambahan kelebihan bagasi,” katanya.

Seluruh calon pengguna KAJJ juga diimbau agar mengatur waktu keberangkatannya menuju stasiun sehingga diharapkan sudah tiba 1 jam sebelum jadwal keberangkatan KA untuk menghindari sejumlah resiko salah satunya terlambat boarding atau tertinggal KA. 

Ixfan menambahkan, selama periode long weekend, KAI Daop 1 Jakarta mengoperasikan 6 KA Tambahan yang beroperasi pada 22-27 Mei 2024.

Berikut daftar KA-KA tambahan untuk periode libur panjang Hari Raya Waisak:

  • KA (7015) Manahan Tambahan relasi Gambir – Solo Balapan PP.
  • KA (7002A) Taksaka Tambahan relasi Gambir – Yogyakarta PP.
  • KA (7046) Argo Parahyangan Tambahan relasi Gambir – Bandung PP.
  • KA (30F) Argo Cheribon relasi Gambir – Cirebon PP.
  • KA (80F) Manahan relasi Gambir - Solo Balapan PP.
  • KA (82F) Manahan relasi Gambir - Solo Balapan PP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper