Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenhub Rampungkan 25 PSN Transportasi hingga Awal 2024, Ini Daftarnya

Kementerian Perhubungan telah menyelesaikan sebanyak 25 proyek strategis nasional (PSN) sektor transportasi periode 2020-2024. Berikut daftarnya:
Kereta Cepat Jakarta Bandung di Stasiun Halim./ Dok. KCIC
Kereta Cepat Jakarta Bandung di Stasiun Halim./ Dok. KCIC

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melaporkan telah menyelesaikan sebanyak 25 proyek strategis nasional (PSN) sektor transportasi periode 2020-2024 

Budi Karya mengatakan, proyek-proyek yang telah rampung tersebut terdiri atas 11 proyek di sektor transportasi laut, 7 proyek di sektor perkeretaapian, serta 7 proyek di sektor transportasi udara. 

"Kalau kita bicara kuantitatif, maka Kementerian Perhubungan sudah menyelesaikan 25 proyek PSN, atau mencapai 82,5%," kata Budi Karya dalam acara Rakernas Percepatan dan Pra-Evaluasi PSN di Jakarta, Selasa (14/5/2024).

Budi Karya mencontohkan, beberapa proyek PSN periode 2020-2024 yang telah diselesaikan adalah KA Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Makassar New Port, Pengembangan Bandara Komodo di NTT, dan Bandara Zainuddin Abdul Madjid di NTB. 

Dia melanjutkan, Kemenhub menargetkan empat proyek PSN akan selesai pada tahun ini. Keempatnya adalah pengembangan Pelabuhan Sorong, pengembangan Pelabuhan Benoa melalui Bali Maritime Tourism Hub (BMTH), pembangunan jalur ganda (double track) kereta api di Jawa Selatan, dan proyek KA Logistik Lahat-Kertapati. 

Sementara itu, Kemenhub juga memiliki enam PSN yang ditargetkan rampung setelah 2024, yakni LRT Velodrome-Manggarai, MRT Jakarta East-West Line, lanjutan MRT North-South Line. 

Selanjutnya, ada juga proyek KA Logistik Kalimantan Timur, pembangunan Pelabuhan Palembang Baru, dan pembangunan Pelabuhan Peti Kemas Muaro Jambi. 

Dia menjelaskan, proyek-proyek PSN yang digarap oleh Kemenhub merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan konektivitas masyarakat di seluruh Indonesia. Hal ini sejalan dengan visi Indonesia sentris dari Presiden Joko Widodo untuk memeratakan pembangunan pada seluruh wilayah Indonesia. 

Budi Karya juga berkomitmen untuk terus melanjutkan pembangunan PSN sektor transportasi lain hingga akhir masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Oktober 2024 mendatang. 

"Ini adalah kerja kita bersama dan insyaallah hasil kepemimpinan dari Pak Jokowi. Kita harus dukung itu sehingga pada 4 bulan terakhir ini harus selesaikan tugas-tugas itu [proyek PSN]," kata Budi. 

Berikut daftar 25 PSN sektor transportasi yang telah rampung: 

1. Bandara Internasional Yogyakarta 

2. Bandara Komodo - Labuan Bajo 

3. Bandara Lombok Praya 

4. Bandara Siboru Fak Fak 

5. Bandara Nabire Baru Papua 

6. Bandara Kediri

7. Bandara Raja Haji Abdullah Tanjung Balai Karimun

8. LRT Jabodebek 

9. Kereta Cepat Jakarta-Bandung 

10. LRT Metro Palembang Sumatra Selatan 

11. KA Tebing Tinggi-Kuala Tanjung Sumatra Utara 

12. KA Bandara Yogyakarta 

13. KA Makassar – Parepare Sulawesi Selatan Tahap 1 

14. KA Rantau Prapat-Kota Pinang

15. Pelabuhan di KEK Maloy Kalimantan Timur 

16. Pelabuhan Terminal Kijing 

17. Pelabuhan Sanur 

18. Pelabuhan Patimban 

19. Pelabuhan Likupang 

20. Makassar New Port 

21. Terminal Multipurpose Labuan Bajo 

22. Pelabuhan Hub Internasional Bitung 

23. Pelabuhan Kupang 

24. Pelabuhan Hub Internasional Kuala Tanjung

25. Pelabuhan Teluk Palu


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper