Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak 5 Fakta World Water Forum 2024: Jadwal hingga Isu Penting yang Dibahas

Indonesia terpilih untuk menjadi tuan rumah World Water Forum ke-10 yang diselenggarakan di Bali. Berikut ini fakta-fakta penting terkait gelaran tersebut.
World Water Forum 2024 di Bali yang berlangsung 18-25 Mei 2024.
World Water Forum 2024 di Bali yang berlangsung 18-25 Mei 2024.

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia resmi terpilih menjadi negara pertama di Asia yang akan menjadi tuan rumah gelaran World Water Forum (WWF) ke-10 yang akan diselenggarakan di Bali 18-25 Mei 2024.

Sepekan jelang gelaran tersebut, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menginstruksikan agar pelaksanaan World Water Forum ke-10 di Bali tersebut dapat berjalan lancar tanpa kendala.

“Seminggu menjelang World Water Forum ke-10, pastikan segala persiapan aman terkendali dan Indonesia siap sambut event terbesar ini,” ujar Basuki, dikutip Minggu (12/5/2024).

Bukan tanpa alasan, sejumlah persiapan matang tersebut dilakukan dalam rangka World Water Forum sebagai salah satu forum internasional bergengsi yang akan banyak dihadiri oleh sejumlah delegasi dunia.

Di samping itu, World Water Forum juga menjadi ajang untuk Indonesia memperkuat perannya di tingkat regional dan global untuk mitigasi isu dalam bidang air.

Secara lebih terperinci, berikut 5 fakta mengenai World Water Forum ke-10 di Indonesia:

1. Digelar Selama 8 Hari di Bali

World Water Forum ke-10 akan dilaksanakan selama 8 hari tepatnya pada 18-25 Mei 2024 di Bali.

Lokasi utama World Water Forum ke-10 akan dilaksanakan di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua Beach Hotel (NDBH), Melasti Beach, Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali Nusa Dua Convention Center 1 dan 2 (BNDCC), dan Tahura.

Gelaran World Water Forum ke-10 mengusung tema water for shared prosperity atau air untuk kesejahteraan bersama.

Tidak hanya akan membahas isu-isu air secara global, dalam World Water Forum juga akan terdapat side events yang menunjukkan mengenai peran penting air bagi kehidupan manusia. Salah satunya yakni melalui pelaksanaan ritual Melukat.

Sebagaimana diketahui, prosesi Melukat memiliki makna spiritual bagi masyarakat Bali. Nantinya, prosesi tersebut akan melibatkan pemerintah daerah setempat. 

2. Bakal Dihadiri Ribuan Delegasi Internasional

World Water Forum ke-10 rencananya akan dihadiri 43 Kepala Negara dan 5 organisasi internasional. 

Di samping itu, pemerintah Indonesia juga telah mengirimkan undangan melalui jalur diplomatik kepada para menteri dari 194 negara anggota PBB serta 46 kepala organisasi internasional dan development partners .

Untuk segmen parlemen, Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI bersama the Inter-Parliamentary Union (IPU) telah mengkonfirmasi akan menyelenggarakan Parliamentary Meeting pada Senin-Selasa, 20-21 Mei 2024 yang akan diikuti oleh 350 anggota IPU dari 178 negara. Parliamentary Meeting tersebut akan terbagi dalam 7 sesi.

Kemudian, untuk segmen pemerintah daerah ( Local Authorities ), APEKSI, APKASI, dan APPSI bersama dengan United Cities and Local Governments (UCLG) menyiapkan agenda forum terbagi menjadi 6 sesi, segmen ini direncanakan akan diikuti oleh 150 kepala pemerintahan lokal dengan 50 kepala mewakili region Asia-Pasifik.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyebut World Water Forum ke-10 bakal dihadiri sekitar 30.000 peserta dari unsur-unsur pemerintah, parlemen, swasta, akademisi, praktisi, asosiasi, dan masyarakat pada lingkup nasional dan internasional.

Halaman
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper