Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

World Water Forum Diharapkan Buka Peluang Investasi Infrastruktur Air di RI

Agenda World Water Forum (WWF) ke-10 diharapkan dapat memuluskan target peningkatan investasi pada bidang infrastruktur air di Indonesia.
Ilustrasi infrastruktur air bersih - Dok. Kementerian PUPR
Ilustrasi infrastruktur air bersih - Dok. Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia berharap pemerintah bisa mengantongi investasi pembangunan infrastruktur air lewat gelaran World Water Forum (WWF) ke-10 yang akan diselenggarakan di Bali pada 18-25 Mei 2024.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang PUPR, Insannul Kamil, menuturkan bahwa agenda WWF ke-10 yang diselenggarakan oleh Kementerian PUPR bakal menjadi tonggak awal yang penting untuk memuluskan target peningkatan investasi pada bidang infrastruktur air.

"Inisiatif Indonesia untuk mengambil posisi menjadi inisiator forum yang membahas semua aspek dari air di dunia itu yang paling penting. Akan ada banyak hal yang dibahas," kata Insannul saat ditemui di Menara Kadin, Jakarta, Selasa (7/5/2024).

Insannul menambahkan, beberapa unsur yang perlu dibahas oleh pemerintah pada forum tersebut di antaranya mengenai percepatan realisasi investasi swasta pada sektor pembangunan infrastruktur air.

Di samping itu, forum tersebut juga diharapkan mampu membahas dan menjawab sejumlah persoalan lain mulai dari pembahasan mengenai ketersediaan air, pembiayaan air, hingga pengadaan teknologi air yang memadai.

"Seperti isu limbah kapan mau selesai? limbah air itu kan terbuang sekarang, tidak digunakan lagi jadi sumber air, pasti bicara technology soal itu, dan itu [WWF] menjadi showcase banyak sekali yang bisa kita lihat," pungkasnya.

Sebagai informasi, World Water Forum merupakan pertemuan internasional terbesar yang membahas dan merumuskan kebijakan tata kelola air dan sanitasi dunia. 

Forum ini telah digelar sebanyak sembilan kali, dan pada pertemuan ke-10 akan dilaksanakan di Bali Indonesia pada 18 Mei hingga 25 Mei 2024.

Nantinya, forum tersebut akan membahas enam subtema, di antaranya water security & prosperity, water for humans & nature, disaster risk reduction & management. Kemudian, governance, cooperation & hydro-diplomacy, sustainable water finance, dan knowledge & Innovation.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper