Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Yakin Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II/2024 Tembus 5%, Ini Alasannya!

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo yakin pertumbuhan ekonomi RI di atas 5% pada kuartal II/2024.
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo  memenuhi panggilan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri rapat terbatas terkait dengan situasi global akibat konflik Iran-Israel di Istana Negara, Selasa (16/4/2024). JIBI/Akbar Evandio
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memenuhi panggilan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menghadiri rapat terbatas terkait dengan situasi global akibat konflik Iran-Israel di Istana Negara, Selasa (16/4/2024). JIBI/Akbar Evandio

Bisnis.com, JAKARTA – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo optimistis perekonomian domestik akan melanjutkan pertumbuhan yang kuat di atas 5% pada kuartal II/2024.

Perry mengatakan pertumbuhan ekonomi pada kuartal II/2024 akan ditopang oleh konsumsi rumah tangga yang menguat seiring dengan adanya momentum Hari Raya IdulFitri. 

“Kami meyakini di kuartal II/2024 akan lebih tinggi dari 5%, dan itu dukung juga dari konsumsi rumah tangga khususnya berkaitan dengan pengeluaran masyarakat selama Ramadan dan IdulFitri itu akan mendukung pertumbuhan ekonomi di kuartal II,” katanya dalam acara Taklimat Media Perkembangan Ekonomi Terkini, Rabu (8/5/2024).

Selain konsumsi rumah tangga, Perry mengatakan pertumbuhan ekonomi kuartal II/2024 juga akan didukung oleh pembangunan infrastruktur, baik oleh pemerintah dan swasta, termasuk pembangunan Proyek Strategis Nasional.

“Dengan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dari perkiraan dan lebih tinggi dari 5%, kami memperkirakan bahwa di pasar saham juga akan terjadi inflow karena prospeknya akan lebih baik,” tutur Perry.

Lebih lanjut, BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia untuk keseluruhan tahun 2024 akan mencapai kiaran 4,7% hingga 5,5%.

Badan Pusat Statistik mencatat, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal pertama 2024 tumbuh sebesar 5,11% secara tahunan (year-on-year/yoy), lebih tinggi dari kuartal IV/2024 sebesar 5,04% yoy.

Pertumbuhan ekonomi yang meningkat pada kuartal I/2024 terutama didukung oleh permintaan domestik yang lebih tinggi, di mana konsumsi rumah tangga tumbuh sebesar 4,91% yoy, seiring dengan pelaksanaan Pemilu 2024, hari libur nasional, dan cuti bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper