Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HCML Undur Pengajuan Perpanjangan Kontrak Madura Strait

Kontraktor Kontrak Kerja Sama Husky–CNOOC Madura Limited (HCML) bakal mengajukan perpanjangan kontrak konsesi migas Selat Madura tahun depan.
Platform offshore migas. Istimewa/SKK Migas
Platform offshore migas. Istimewa/SKK Migas

Bisnis.com, JAKARTA — Kontraktor Kontrak Kerja Sama Husky–CNOOC Madura Limited (HCML) bakal mengajukan perpanjangan kontrak konsesi migas Selat Madura atau lebih dikenal dengan nama Madura Strait PSC, tahun depan. Rencana itu mundur dari target pengajuan kuartal I/2024.

VP Marketing, Legal & Business Support HCML Wahyudi Sunarya mengatakan pihaknya masih mematangkan rencana pengajuan perpanjangan kontrak dengan para pemegang saham HCML. 

“Karena kami masih mematangkan rencana pengajuan perpanjangan kontrak migas Selat Madura dengan para pemegang saham HCML,” kata Wahyudin saat dikonfirmasi, Sabtu (27/4/2024). 

Wahyudin menerangkan permohonan perpanjangan kontrak itu nantinya berisi rencana esekusi pengembangan lapangan-lapangan marginal yang sudah disetujui rencana pengembangannya oleh otoritas hulu migas.

Selain itu, Wahyudin menambahkan, rencana perpanjangan kontrak turut berisikan tambahan kegiatan eksplorasi lanjutan di blok tersebut. 

“Guna menambah cadangan baru WK Madura Strait, serta dapat berkontribusi dalam perencanaan pengembangan lapangan baru yang ekonomis setelah PSC berakhir 2032 atau saat kontrak disetujui untuk diperpanjang,” kata Wahyudin. 

Lewat rencana pengembangan jangka panjang, Madura Strait diproyeksikan dapat menyentuh produksi gas puncak pada 2027 mendatang hampir mendekati 300 juta standar kaki kubik per hari (MMscfd). 

Selanjutnya, pada saat kontrak berakhir di tahun 2032, produksi diperkirakan menyentuh di level 200 MMSCFD.  Sementara, produksi dari lapangan gas dari Selat Madura ini diprediksikan akan berada di level 100 MMSCFD pada 2042 mendatang.  

Kendati demikian, Wahyudin belum dapat memberi keterangan spesifik ihwal rencana investasi yang mungkin ditanamkan pada kontrak pasca perpanjangan sampai 2042 mendatang. 

Menurut dia, perkiraan nilai investasi bergantung pada kegaitan eksplorasi lanjutan dan skenario pengembangan lapangan-lapangan yang akan diesekusi sebelum dan sesudah perpanjangan kontrak Madura Strait.

“Dengan perpanjangan kontrak, diharapkan blok Madura Strait bisa tetap mempertahankan laju alir puncak produksi gas sekitar 300 MMSCFD selama 5-7 tahun atau bahkan lebih panjang.

Sebelumnya, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) tengah menantikan permohonan perpanjangan kontrak Selat Madura atau lebih dikenal dengan nama Madura Straits PSC. 

“Saat ini kami masih menunggu penyampaian permohonan perpanjangan dari HCML. Nanti akan kami tindaklanjuti dengan rekomendasi setelah dievaluasi,” kata Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Hudi Suryodipuro saat dihubungi, Rabu (24/4/2024). 

Seperti diketahui, kontrak yang berlaku saat ini berjangka 20 tahun sejak 2012 bakal berakhir pada Oktober 2032. HCML menilai konsesi dengan luasan mencapai 2.012,76 kilometer persegi itu masih prospektif hingga 2042 mendatang.  

Saat berakhirnya kontark nanti, potensi sumber daya gas Madura Straits PSC hanya tinggal seperempat dari hitung-hitungan saat ini yang berada di level triliun kaki kubik (TCF).  

Hudi menuturkan potensi cadangan minyak dan gas (migas) dari blok kelolaan HCML saat ini terbilang prospektif untuk dikembangkan lebih lanjut.  

“Berdasarkan laporan KKKS status 1 Januari 2023, potensi cadangan minyak sekitar 6 juta stok barel (MMSTB) dan gas sekitar 1.200 miliar standar kaki kubik (BSCF),” kata dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper