Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkat Kunjungan Mal Diprediksi Naik 20% Selama Ramadan & Lebaran 2024

Asosiasi Pengusaha Pusat Belanja Indonesia (APPBI) memperkirakan tingkat kunjungan ke mal selama Ramadan dan Idulfitri 2024 meningkat sekitar 15%-20%.
Suasana Mal Grand Indonesia, Jakarta pada hari kedua Lebaran, Kamis (11/4/2024)/Bisnis-Ni Luh Anggela
Suasana Mal Grand Indonesia, Jakarta pada hari kedua Lebaran, Kamis (11/4/2024)/Bisnis-Ni Luh Anggela

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Pengusaha Pusat Belanja Indonesia (APPBI) memperkirakan tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan atau mal selama Ramadan dan Idulfitri 2024 meningkat sekitar 15%-20% dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu.

“Selama Ramadan dan Idulfitri tahun ini diperkirakan mengalami peningkatan sekitar 15%-20% dibandingkan tahun lalu,” kata Ketua Umum APPBI Alphonzus Widjaja kepada Bisnis, dikutip Jumat (12/4/2024).

Di sisi lain, dia mengungkapkan bahwa peningkatan kunjungan ke pusat perbelanjaan selama libur Lebaran dimulai pada hari kedua Lebaran atau sejak 11 April 2024. 

Peningkatan kunjungan diperkirakan akan terus berlangsung sampai dengan akhir pekan nanti. Kendati begitu, dia tidak mengungkapkan berapa persen peningkatannya dibandingkan periode normal.

Setelahnya, tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan diproyeksi mulai melandai seiring berakhirnya libur Lebaran 2024. 

“Tingkat kunjungan ke pusat perbelanjaan akan mengalami penurunan setelah libur Idulfitri selesai sebagaimana biasanya tren kunjungan ke pusat perbelanjaan di Indonesia,” ujarnya. 

Sementara itu, berdasarkan pantauan Bisnis pada Kamis (11/4/2024), Mal Grand Indonesia, Jakarta dipadati pengunjung dari berbagai kota. Suasana cukup ramai, baik di East Mall dan West Mall. Sejumlah pengunjung tampak melihat-lihat berbagai produk yang dipajang di setiap gerai.

Beberapa pengunjung juga terlihat mengular di sejumlah gerai makanan. Tiga sekawan, Eva, Mendut, dan Sarah ikut mengantre menunggu mendapatkan tempat duduk di salah satu kedai ramen.

Ketiganya mengaku tidak mudik ke luar kota tahun ini, dan memilih untuk merayakan Lebaran di Jakarta. Mal Grand Indonesia menjadi tempat ketiganya menghabiskan hari kedua Lebaran mengingat lokasinya yang mudah dijangkau. Mereka juga mengaku jenuh lantaran beberapa hari ini kerap menyantap opor ayam.

“Bosen makan opor terus. Kebetulan udah nggak ada acara-acara keluarga jadi gabut, kita ke mal aja,” ungkap Mendut saat ditemui Bisnis, Kamis (11/4/2024).

Sandra, bukan nama sebenarnya, enggan untuk mudik keluar kota dan memilih menghabiskan libur Lebaran di Mal Grand Indonesia sembari melihat-lihat berbagai koleksi baju di salah satu gerai pakaian.

“Karena di Jakarta lebih sepi dibanding ke luar kota,” katanya.

Sementara itu, Iis (41) warga asli Lembang, Jawa Barat, memilih untuk berlibur ke Jakarta, di saat masyarakat lainnya memilih berlibur di luar Jakarta. Mal Grand Indonesia menjadi salah satu tempat tujuannya selama berlibur di Jakarta.

Bersama anak-anaknya, Iis menghabiskan hari kedua Lebaran di Mal Grand Indonesia. Maklum, rumah mertuanya tak jauh dari mal ini.

“Yang terdekat, karena rumah dekat sini yang bisa dijangkau sama jalan kaki juga,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper