Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Tambah 14 Proyek Strategis Nasional, AHY Siap Sediakan Lahan

Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan memastikan pengadaaan lahan 14 proyek strategis nasional (PSN) baru berstatus clear & clear
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)/Bisnis-Annasa Rizki K.
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)/Bisnis-Annasa Rizki K.

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berkomitmen mendukung pengadaan lahan untuk 14 proyek strategis nasional (PSN) yang baru ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Komitmennya tersebut dia sampaikan langsung lewat akun Instagram miliknya @agusyudhoyono, usai melakukan rapat terbatas dengan Presiden Jokowi dan sejumlah jajaran menteri lainnya pada Senin (18/3/2024).

"Tadi siang [18/3/2024], saya menghadiri rapat internal di Istana yang membahas tentang rencana 14 proyek strategis nasinonal [PSN] baru," tulis AHY, dikutip Selasa (19/3/2024).

Seiring dengan hal itu, AHY memastikan Kementerian ATR/BPN akan bekerja secara maksimal untuk mendukung pengadaan lahan pada 14 PSN baru tersebut.

Di samping itu, dia juga berkomitmen untuk mempercepat proses penyelesaian lahan pada sejumlah PSN lain yang saat ini tengah berlangsung pembangunannya.

"Kami tentu mendukung dari sisi lahan, tanahnya yang akan digunakan sebagai lokasi PSN tersebut, termasuk tata ruangnya, dan memastikan lahan tersebut clean and clear," pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut, Presiden Jokowi telah menyetujui rencana pengembangan 14 PSN baru yang bakal dibangun mulai tahun ini.

Airlangga mengungkapakan beberapa di antaranya, yakni pemerintah akan memulai pengembangan Pantai Indah Kapuk Tropical Concept, lalu Kawasan Industri Wiraraja di Pulau Galang, dan proyek North Hub Development Project.

Kemudian, Kawasan Industri Neo Energy Parimo Industrial Estate di Parigi Moutong Sulawesi Tengah, hingga pengembangan dua ruas tol baru, yakni Tol Section Harbour Road II Jakarta Utara dan Jalan Tol Dalam Kota Bandung.

Sementara itu, secara kumulatif dari tahun 2016 sampai dengan Februari 2024, sebanyak 195 PSN telah selesai dan beroperasi penuh dengan nilai Rp1.519 triliun. 

Hal tersebut disampaikan Airlangga usai mengikuti Rapat Internal terkait perkembangan PSN di Istana Merdeka. Dia mengatakan, terdapat 41 PSN ditargetkan selesai pada tahun 2024. 

"Untuk Februari sampai Maret, 5 proyek akan selesai, April sampai September 2024 ada 24 proyek ditargetkan selesai, dan Oktober sampai dengan Desember 2024 ada 12 PSN," ungkapnya.

Adapun, dari 36 proyek periode April hingga Desember, terdapat berbagai isu yang dilaporkan terutama terkait pengadaan tanah dan tata ruang. Untuk itu, dibutuhkan dukungan dari seluruh stakeholder, termasuk Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). 

"Ini dibahas tadi, hingga akhir 2024 dibutuhkan dukungan dari seluruh stakeholder," pungkas Airlangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper