Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Istana Wapres Baru Dibangun, Ma'ruf Amin Tak Ikut Jokowi Berkantor di IKN Juli 2024?

Pemerintah menargetkan Istana Wapres di IKN akan rampung dalam waktu setahun dengan proses pembangunan yang dimulai pada Juni—Juli 2024.
Wapres Maruf Amin / Setwapres
Wapres Maruf Amin / Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin tampaknya tidak bakal ikut bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Juli 2024.

Pasalnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menyatakan bahwa pemerintah memang baru akan memulai pembangunan Istana Wapres di IKN pada tahun ini. 

Dia mengatakan bahwa terkait dengan desain Istana Wapres telah disetujui oleh Kepala Negara sehingga pembangunan akan segera dilakukan.

Adapun, saat ini proses yang tengah berlangsung di lapangan adalah lelang untuk menarik investor dalam membantu pengembangan fasilitas itu. 

“Kalau Istana Wakil Presiden baru akan dibangun, masih lelang, jadi masih dibangun. Namun, kalau kantor presiden dan Istana Presiden inshaAllah sudah siap pada Juli,” kata Basuki di kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (13/3/2024). 

Lebih lanjut, Basuki mengaku alasan pembangunan dari fasilitas orang nomor dua di Indonesia itu baru dibangun pada tahun ini, lantaran adanya perubahan pada desain bangunan.

“Desainnya berubah, waktu lelang pertama kami dengan desain yang juara sanyembara pertama. Namun, setelah dicek pak Presiden beliau melihat perlu direvisi sehingga kita revisi nah itu nanti kita enggak tahu lelang ulang atau nggak gitu lho,” ujarnya.

Oleh sebab itu, dia mengatakan bahwa pemerintah menargetkan bahwa Istana Wapres akan rampung dalam waktu setahun dengan proses pembangunan yang dimulai pada Juni—Juli 2024.

“Saya belum informasi pastinya mudah-mudahan bangsa Juni-Juli baru dibangun. [Targetnya] ya saya kira setahun,” pungkas Basuki. 

Sebelumnya, Wapres Ma'ruf Amin mengaku belum memperoleh perintah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk segera berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam waktu dekat.

Ma'ruf mengatakan hanya Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan mulai berkantor di IKN pada Juli 2024, menyusul penyelesaian pembangunan jalan tol dan bandara di kawasan itu.

Hal ini disampaikannya saat memberikan keterangan pers usai membuka Festival Kemandirian BLK Komunitas Tahun 2024 di Pondok Pesantren Daarul Archam Desa Tanjakan Rajeg Kabupaten Tangerang, Kamis (7/3/2024). 

“Mengenai IKN belum dibicarakan, jadi presiden mungkin akan di sana, saya belum ditugaskan apakah saya akan ke sana apakah di Jakarta saja, belum ada pembicaraan,” ujarnya kepada wartawan.

Sekadar informasi, Kepala Negara akan mulai berkantor di IKN pada Juli 2024 mendatang. Bahkan, salah satu menterinya juga akan mulai berkantor di IKN, yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

"[Saya berkantor di IKN] Juli. Saya menunggu airport-nya jadi, jalan tol jadi," katanya saat ditemui di kawasan IKN, Kalimantan Timur, Kamis (29/2/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper