Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ikuti Jepang, Inggris Resmi Masuk ke Jurang Resesi!

Inggris jatuh ke dalam resesi setelah produk domestik bruto (PDB) mengalami kontraksi sebesar 0,3% pada kuartal IV/2023.
Bendera Inggris./Bloomberg
Bendera Inggris./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Perekonomian Inggris jatuh ke dalam resesi pada paruh kedua tahun 2023, jauh dari target pertumbuhan Perdana Menteri Rishi Sunak.

Melansir Reuters, produk domestik bruto (PDB) Inggris mengalami kontraksi sebesar 0,3% dibandingkan kuartal sebelumnya pada kuartal IV/2023. Inggris masuk ke dalam resesi teknis setelah pada kuartal sebelumnya juga mengalami kontraksi 0,1%.

Kontraksi kuartal keempat lebih dalam daripada perkiraan semua ekonom dalam jajak pendapat Reuters, yang menunjukkan penurunan 0,1%.

Para investor meningkatkan ekspektasi mereka pada Bank of England (BoE) yang akan memangkas suku bunga tahun ini dan para pelaku bisnis meminta lebih banyak bantuan dari pemerintah dalam rencana anggaran yang akan dirilis pada tanggal 6 Maret 2024.

Inggris bergabung dengan Jepang di antara negara-negara G7 yang mengalami resesi, meskipun resesi ini kemungkinan akan berlangsung singkat dan dangkal menurut standar historis. Kanada belum melaporkan data PDB untuk kuartal IV/2024.

Perekonomian Inggris hanya 1% lebih tinggi dari levelnya pada akhir 2019, sebelum pandemi Covid-19 melanda, hanya Jerman di antara negara-negara G7 yang bernasib lebih buruk.

Sunak berjanji untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebagai salah satu janji utamanya kepada para pemilih tahun lalu. Partai Konservatif yang dipimpinnya telah mendominasi politik Inggris selama hampir tujuh dekade terakhir, dengan reputasi sebagai partai yang memiliki kompetensi di bidang ekonomi.

Namun Partai Buruh kini lebih dipercaya dalam bidang ekonomi, menurut jajak pendapat.

Para analis mengatakan rumah tangga Inggris diproyeksi mengalami penurunan standar hidup untuk pertama kalinya antara satu pemilihan umum nasional dengan pemilihan umum berikutnya sejak Perang Dunia II.

Wakil kepala ekonom Inggris Capital Economics Ruth Gregory mengatakan bahwa angka-angka PDB memiliki signifikansi politik yang lebih besar daripada ekonomi, dengan para pemilih yang akan memilih anggota parlemen di dua daerah pemilihan pada hari Kamis.

"Berita bahwa Inggris tergelincir ke dalam resesi teknis pada tahun 2023 akan menjadi pukulan bagi perdana menteri pada hari ketika ia menghadapi prospek kalah dalam dua pemilihan sela," kata Gregory seperti dikutip Reuters, Kamis (15/2/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper