Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Imlek dan Isra Mikraj, AP II Prediksi Penumpang Melonjak Hingga 10%

AP II memproyeksikan jumlah penumpang pada periode libur panjang akhir pekan 8 - 11 Februari 2024 dapat mencapai lebih dari 940.000 orang.
Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta./ Dok. Angkasa Pura II
Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta./ Dok. Angkasa Pura II

Bisnis.com, JAKARTA –  PT Angkasa Pura II atau AP II memproyeksikan jumlah penumpang pada periode libur panjang akhir pekan 8 - 11 Februari 2024 dapat mencapai lebih dari 940.000 orang.

SVP of Corporate Secretary AP II Deni Krisnowibowo menjelaskan, pada long weekend 8 - 11 Februari 2024, AP II memprediksi pergerakan penumpang rute domestik dan internasional pada 20 bandara yang dikelola perusahaan mencapai 943.747 penumpang atau rata-rata sekitar 236.000 penumpang/hari. 

Deni mengatakan, jumlah pergerakan ini mengalami peningkatan sekitar 7%-10% dibandingkan dengan hari biasa. Adapun pergerakan pesawat pada long weekend ini diproyeksikan sebanyak 7.071 penerbangan atau rata-rata 1.768 penerbangan per hari.

Deni mengatakan, tren pertumbuhan penerbangan juga terus meningkat pada tahun ini. Oleh karena itu, AP II memastikan slot time penerbangan di seluruh bandara AP II tersedia untuk mengakomodir peningkatan permintaan pada long weekend ini. 

“Tren pertumbuhan penerbangan terus meningkat pada tahun ini. AP II memastikan ketersediaan slot time penerbangan di 20 bandara untuk mengakomodir permintaan yang ada, termasuk pada long weekend 8 - 11 Februari 2024,” kata Deni dalam keterangan resminya, Kamis (8/2/2024).

Khusus di Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara tersibuk di Indonesia, AP II memproyeksikan pergerakan penumpang pada long weekend ini sebanyak 605.899 penumpang dengan pergerakan pesawat sebanyak 4.191 penerbangan.

Dia mengatakan, beberapa waktu lalu, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Maria Kristi Endah Murni melakukan kunjungan kerja di Bandara Soekarno-Hatta untuk melihat kesiapan bandara dalam menyambut long weekend 8 - 11 Februari 2024. 

Dirjen Perhubungan Udara memastikan konektivitas dan kapasitas kursi penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta, termasuk melalui adanya penerbangan tambahan (extra flight) di rute-rute favorit. 

“Beberapa extra flight di Bandara Soekarno-Hatta pada long weekend ini antara lain ada di rute Jakarta - Bali, Jakarta - Kualanamu, Jakarta - Pontianak, Jakarta - Pangkalpinang dan Jakarta – Semarang,” kata Deni.

Deni menuturkan, AP II bersama stakeholder lain seperti maskapai, AirNav Indonesia dan ground handling juga berkoordinasi erat guna memastikan kelancaran perjalanan udara masyarakat di tengah kenaikan lalu lintas penerbangan. 

Dia mengatakan, seluruh personel, fasilitas dan infrastruktur dipastikan siap untuk melayani perjalanan udara masyarakat.

“Bandara yang dikelola AP II memastikan kesiapan operasi, pelayanan serta keselamatan dan keamanan bandara. Termasuk juga memastikan keandalan infrastruktur seperti runway, lalu sistem kelistrikan bandara, dan infrastruktur lainnya,” ujar Deni. 

Deni menambahkan, AP II bersama stakeholder juga memastikan ketersediaan moda transportasi publik di seluruh bandara untuk    akses bagi masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper