Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sah! PT SMI Ambil Alih 25% Saham Waskita di Tol Bocimi

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) resmi mengambil alih 25% saham PT Waskita Toll Road (WTR) di PT Trans Jabar Tol (TJT).
Jalan tol Bogor–Ciawi–Sukabumi (Bocimi) di Jawa Barat./Jasa Marga
Jalan tol Bogor–Ciawi–Sukabumi (Bocimi) di Jawa Barat./Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA - PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) resmi mengambil alih 25% saham PT Waskita Toll Road (WTR) di PT Trans Jabar Tol (TJT).

Akuisisi tersebut dilakukan untuk mendukung pecepatan pembangunan Jalan Tol Ciawi - Sukabumi (Bocimi), khususnya pada seksi Cibadak - Sukabumi Barat.

Mengutip informasi yang dibagikan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), akuisisi saham tersebut dilakukan pada Kamis (25/1/2024).

"Dengan masuknya PT SMI sebagai pemegang saham, maka PT TJT kini dimiliki oleh PT WTR (74,99%), PT SMI (25%), dan Koperasi Waskita (0,01%)," tulis BPJT dalam keterangan resminya, dikutip Kamis (1/2/2024).

SMI nantinya akan melanjutkan pembangunan ruas tol Cibadak - Sukabumi Barat yang memiliki total panjang 13,7 kilometer (km). Saat ini ruas tersebut tengah memasuki tahap pembebasan lahan.Adapun, PT TJT merupakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) pemegang konsesi Jalan Tol Bocimi yang berlokasi di Jawa Barat. Sebelumnya, PT TJT telah menyelesaikan Pembangunan seksi Ciawi – Cigombong dan seksi Cigombong – Cibadak dengan total panjang 27,25 Km. 

Selanjutnya, untuk Seksi Ciawi – Cigombong telah beroperasi sejak tahun 2018, sedangkan seksi Cigombong – Cibadak memulai pengoperasian tanpa tarif sejak 6 Agustus 2023 lalu. 

BPJT berpandangan, strategic partnership antara PT SMI dan PT WTR ini dapat mendukung PT TJT dalam memperoleh sumber pendanaan untuk dapat menyelesaikan proyek jalan tol Bocimi. 

"Di mana dengan penyelesaian dan pengoperasian jalan tol Bocimi, konektivitas di wilayah Jawa Barat semakin meningkat Sehingga akan menjadi katalis positif dalam mendukung peningkatan perekonomian setempat dan dapat memberikan dampak positif terhadap taraf hidup masyarakat," pungkas manajemen BPJT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alifian Asmaaysi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper