Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

15 Rute Penerbangan Perintis di Nabire Beroperasi, Ini Daftarnya

Pemerintah telah membuka 15 rute penerbangan perintis penumpang lewat Nabire per minggunya mulai Januari 2024.
Suasana penerbangan perdana subsidi angkutan udara perintis penumpang 15 rute di Korwil Nabire Tahun 2024. ANTARA/HO-Ditjen Perhubungan Udara
Suasana penerbangan perdana subsidi angkutan udara perintis penumpang 15 rute di Korwil Nabire Tahun 2024. ANTARA/HO-Ditjen Perhubungan Udara

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah telah membuka 15 rute penerbangan perintis penumpang lewat Nabire per minggunya mulai Januari 2024.

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas II Nabire Setyani Mahendra menjelaskan, Program Angkutan Udara Perintis 2024 di Koordinator Wilayah (Korwil) Nabire telah dimulai. Penerbangan perdana sudah dilaksanakan pada 8 Januari 2024, sebagai tindaklanjut penandatangan kontrak angkutan udara perintis tahun 2024 pada awal Januari lalu.

“Pada tahun ini, Korwil Nabire melayani 15 rute penerbangan perintis penumpang,” ujarnya melalui keterangan resmi, Jumat (26/1/2024).

Setyani mengingatkan, dengan kontur alam wilayah Papua yang mayoritas berupa gunung-gunung dengan lembah yang curam, maka transportasi udara merupakan satu-satunya yang bisa menjangkau wilayah pedalaman. Terlebih dengan kehadiran lapangan terbang.

Adapun, badan usaha angkutan udara yang melayani program angkutan udara perintis penumpang tersebut adalah PT Smart Cakrawala Aviation.

Dia tentunya berharap program subsidi angkutan udara perintis ini dapat terlaksana dengan baik tanpa hambatan yang berarti sehingga benar-benar dapat membantu masyarakat yang membutuhkan moda transportasi udara.

Sebelumnya, M. Kristi Endah Murni, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan mengatakan, program tersebut menjadi bentuk perwujudan visi pemerintah untuk hadir di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Setelah dilakukan penandatanganan kontrak angkutan udara perintis pada awal Januari lalu, hampir semua korwil sudah melakukan penerbangan perdana.”

Masing-masing korwil dan badan usaha angkutan udara (BUAU) dapat melaksanakan kontrak tersebut dengan baik, sesuai ketentuan yang telah disepakati.

Pemberian subsidi angkutan udara perintis ini tentunya diharapkan dapat mendorong perekonomian, kestabilan ketahanan dan keamanan negara terutama di daerah 3TP (terdepan, terluar, terpencil, dan perbatasan).

Berikut layanan penerbangan perintis penumpang lewat Nabire per minggunya:

1. Nabire - Moanamani (PP) : 2 kali

2. ⁠Nabire - Bilorai (PP) : 3 kali

3. ⁠Nabire - Faowi (PP) : 2 kali

4. ⁠Nabire - Mulia (PP) : 3 kali

5. ⁠Nabire - Ilu (PP) : 2 kali

6. ⁠Nabire - Ilaga (PP) : 3 kali

7. ⁠Nabire - Enarotali (PP) : 3 kali

8. ⁠Nabire - Sinak (PP) : 2 kali

9. ⁠Nabire - Waghete (PP) : 3 kali

10. ⁠Waghete - Kapiraya (PP) : 2 kali

11. ⁠Nabire - Beoga (PP) : 1 kali

12. ⁠Nabire - Wasior (PP) : 1 kali

13. ⁠Nabire - Dagai (PP) : 1 kali

14. ⁠Nabire - Utarom (PP) : 1 kali

15. ⁠Nabire - Pogapa (PP) : 1 kali

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper