Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jumlah Keberangkatan di Stasiun Pasar Senen Masih Tinggi Meski Arus Balik

KAI melaporkan jumlah keberangkatan di Stasiun Pasar Senen masih tinggi meski sudah memasuki puncak arus balik.
Lalu lalang pemudik di Stasiun Pasar Senen setelah Hari Raya Natal. Jumlah keberangkatan dilaporkan masih ramai meski natal telah selesai/Bisnis.com-Crysania Suhartanto
Lalu lalang pemudik di Stasiun Pasar Senen setelah Hari Raya Natal. Jumlah keberangkatan dilaporkan masih ramai meski natal telah selesai/Bisnis.com-Crysania Suhartanto

Bisnis.com, JAKARTA - Puncak arus balik Natal dan Tahun Baru 2024 terjadi hari ini, Selasa (26/12/2023). Stasiun Pasar Senen terpantau ramai akan penumpang, baik yang ingin berpergian ataupun baru datang ke Jakarta. 

Berdasarkan pantauan Bisnis pukul 10.00 WIB, sekitar ratusan pemudik sudah memadati lobi utama Stasiun Pasar Senen, terutama di bagian selatan stasiun. 

Para petugas stasiun bahkan sampai meminta para penumpang yang berdiri di depan pintu kedatangan untuk menunggu di ruang tunggu atau berpencar, karena mengganggu penumpang lainnya.

Sementara dari sisi keberangkatan, antrean panjang untuk pemeriksaan tiket juga sudah terlihat di depan pintu 2. 

Salah satu penumpang yang berangkat ke kampung halaman pada hari ini adalah Yati. Perempuan paruh baya ini mengaku sudah membeli tiket dari 1 bulan sebelum, tetapi hanya dapat tiket yang bertanggal hari ini. 

“Karena memang dapat tiketnya hari ini, tanggal 26. Kemarin-kemarin sudah penuh. Padahal sudah beli dari tanggal 25 bulan kemarin,” ujar Yati.

Suasana di Stasiun Pasar Senen, Selasa (26/12/2023).
Suasana di Stasiun Pasar Senen, Selasa (26/12/2023).

Penumpang lainnya, Ida juga merasakan hal yang serupa. Sebenarnya, ujar Ida, dia dan keluarga berasal dari Merak dan ingin pergi ke Samarinda untuk menghadiri acara keluarga. Alhasil, dia harus terlebih dulu pergi ke Surabaya dan naik kapal dari Pelabuhan Tanjung Perak.

Namun, saat ingin membeli tiket ke Surabaya, tiketnya sudah habis. Padahal, tanggal acara keluarga tidak dapat digantikan. 

Alhasil, ia pun mencoba untuk membeli tiket dari Pasar Senen, yang baru dapat di tanggal 26 Desember ini. 

Lebih lanjut, ternyata keberangkatan dari Pasar Senen tidak hanya dilakukan oleh para pemudik ataupun untuk liburan. Namun, banyak juga masyarakat yang dari luar Jakarta yang ingin balik ke rumahnya, setelah menghabiskan libur Natal di Jakarta. 

Salah satunya adalah Diar. Pria ini mengaku sudah selesai menghabiskan libur di Jakarta dan kini saatnya balik ke kampung halaman. 

Selain itu, adapula Ela yang sudah menghabiskan 10 hari di Jakarta. Dia mengaku ingin pulang ke kampung halaman di Pekalongan, Jawa Tengah karena hari libur sang anak yang sudah usai. 

“Aku dari Jawa, lagi liburan ke sini. Soalnya anak sudah mau masuk sekolah,” ujar Ela. 

Kahumas Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta Kereta Api Indonesia (KAI) Ixfan Hendriwintoko mengatakan angka keberangkatan penumpang memang sudah berkurang, dengan tingkat keterisian hanya 69%. Namun, Selasa (26/12/2023) merupakan puncak dari arus balik di Daop 1 Jakarta. 

“Kedatangan penumpang ke Jakarta (wilayah Daop 1 Jakarta) tertinggi terjadi pada Selasa 26 Desember 2023, dengan jumlah penumpang turun sebanyak 43.400 penumpang. Jumlah tersebut masih dapat terus meningkat,” ujar Ixfan dalam keterangannya, Selasa (26/12/2023).

Lebih lanjut, Ixfan mengatakan untuk keberangkatan, sampai saat ini KAI Daop 1 telah memberangkatkan 242.378 penumpang sejak 21 Desember 2023. Dengan puncak keberangkatan terjadi pada Sabtu, 23 Desember 2023 yani sebanyak 43.948 orang, dengan tingkat okupansi sebanyak 102,7%. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper