Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Iduladha, 15.500 Penumpang KA Berangkat dari Stasiun Pasar Senen

PT Kereta Api Indonesia melaporkan sebanyak 15.500 penumpang kereta api berangkat dari Stasiun Pasar Senen saat libur Iduladha.
Pemudik memadati Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (20/4/2023) - BISNIS/Annasa Rizki Kamalina.
Pemudik memadati Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (20/4/2023) - BISNIS/Annasa Rizki Kamalina.

Bisnis.com, JAKARTA – Puncak arus mudik lebaran Iduladha 2023 berlangsung hari ini. Terpantau di Stasiun Pasar Senen sejumlah pemudik dari Jakarta maupun dari luar mulai berdatangan.

Berdasarkan pantauan Bisnis.com di Stasiun Pasar Senen hari ini (28/6/2023) pukul 13.30 WIB, pemudik ramai mulai berdatangan dari pintu kedatangan stasiun. Tak sedikit juga orang tengah duduk menunggu kereta keberangkatannya.

Salah satu pemudik yang telah tiba sedari pagi tengah menunggu kereta yang terjadwal akan berangkat pukul 16.50 adalah Yosep. Pria berusia 21 tahun ini tiba di Stasiun Pasar Senen dari Kalimantan dengan tujuan mudik ke Indramayu.

“Saya kerja di tambang baru dapat cuti, langsung saya ambil dalam kesempatan long weekend ini apalagi ada momen Iduladha,” ujar Yosep, Rabu (28/6/2023).

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat total keberangkatan pada hari ini sebanyak 38.200 unit untuk daerah operasi satu Jakarta mulai di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikarang dan beberapa stasiun lainnya.

Khusus untuk Stasiun Pasar Senen tercatat sebanyak 15.500 penumpang diberangkatkan. Pelaksana Harian Manager Humas Daop 1 Jakarta Feni Novida Saragih mengatakan jumlah itu meningkat sekitar 63 persen dibandingkan dengan hari biasanya 7.000-8.000 penumpang.

“Kalau Stasiun Pasar Senen sendiri hari ini ada yang berangkat 15.500 dibanding kamis biasanya 63 persen karena biasanya di kisaran 7.000 hingga 8.000 ini ada peningkatan yang  signifikan,” tutur Feni saat ditemui di lokasi.

Mengenai persiapan khusus mudik Iduladha tahun ini, KAI telah menambahkan kereta operasional sebanyak 65 unit, sedangkan hari biasa 61 unit. Hal lainnya, kata Feni, perseroan tidak menambahkan persiapan lainnya, sehingga petugas akan bertugas seperti hari-hari biasanya.

“Untuk kendala sebenarnya tidak ada karena kurang lebih sudah diantisipasi dengan perjalan kereta api dari Daop normal ada 61 kereta api, di Iduladha ada 65 dan ini persiapan kurang lebih seperti reguler tiap harinya petugas standby untuk memantau pelayanan stasiun,” tambahnya.

Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit di antaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo, dan Bandung. 

Selain itu, terpantau juga aktivitas pramuantar atau porter bertugas lebih sibuk dari biasanya, mulai dari membawakan bawaan pemudik dari mobil, hingga di antar sampai ke kereta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper