Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PUPR Pastikan Uji Coba MLFF di Tol Bali Tak Ganggu Arus Kendaraan

Kementerian PUPR memastikan uji coba MLFF di Tol Bali-Mandara tidak ganggu arus kendaraan saat libur Nataru.
Tol Bali Mandara/Youtube
Tol Bali Mandara/Youtube

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan proses uji coba sistem pembayaran tol nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) di Tol Bali-Mandara tidak akan mengganggu pergerakan arus kendaraan selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024).

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian menjelaskan uji coba sistem MLFF tengah berlangsung di Tol Bali-Mandara. Saat ini pihaknya juga memberlakukan beragam skenario pengujian.

Hedy mengatakan, pengujian sistem MLFF ini hanya diberlakukan pada satu lajur khusus yang biasanya digunakan untuk keperluan darurat. Adapun, arus pergerakan kendaraan selama libur Nataru dipastikan tidak akan terganggu

“Uji coba hanya diterapkan di satu lajur dedicated, jadi tidak akan mengganggu keseluruhan berfungsinya gerbang-gerbang Tol Bali Mandara,” kata Hedy dalam konferensi pers Kesiapan Jalan Alternatif dan Tol serta Skema Pengaturan Jalan Jelang Nataru secara daring, Jumat (15/12/2023).

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan uji coba penerapan tol nirsentuh akan dilakukan pada pekan ini, yakni Jumat (15/12/2023). 

“Dirjen Bina Marga bilang tanggal 15 ini akan uji coba, di Bali. [Nanti] diuji coba. Nanti sampai Maret,” ujarnya. 

Meski begitu, dia melanjutkan bahwa tidak semua gate akan menerapkan MLFF lantaran pemerintah masih melakukan uji coba terkait efektivitas dari kebijakan tersebut. Untuk diketahui, uji coba MLFF sendiri sempat dijadwalkan berlangsung pada 1 Juni 2023 tapi tak kunjung dilakukan.

Menurut catatan Bisnis.com, Direktur PT RITS Gyula Orosz menjelaskan bahwa pihaknya akan melangsungkan proses uji coba pada sejumlah kendaraan friendly user hingga periode Januari 2024.

"Uji coba akan dimulai pada Desember 2023, tetapi bukan berarti kita bakal menyelesaikan semua uji coba pada tahun ini. Kita akan melanjutkan uji coba pada Januari 2024 dan Februari 2024 kita akan melakukan proses evaluasi bersama dengan Kementerian PUPR," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper