Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

12 Tips Membeli Rumah Agar Tidak Salah Pilih dan Aman Ke Depannya

Simak beberapa tips membeli rumah yang dapat Anda jadikan sebagai pertimbangan sebelum memutuskan beli hunian impian agar tidak salah dalam memilihnya.
Muhammad Rizky Nurawan, Rendi Mahendra
Senin, 4 Desember 2023 | 11:50
Berikut penjelasan lengkap mengenai tips membeli rumah, agar lebih bijak dan tidak salah ambil keputusan - Freepik
Berikut penjelasan lengkap mengenai tips membeli rumah, agar lebih bijak dan tidak salah ambil keputusan - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Memilih rumah yang sempurna bisa menjadi langkah yang sangat penting dan menentukan bagi kehidupan Anda. Berbagai faktor, dari jenis rumah hingga lokasi dan anggaran, harus dipertimbangkan dengan hati-hati.

Tips Membeli Rumah Agar tidak tertipu

Berikut adalah serangkaian tips membeli rumah yang ideal untuk Anda:

1. Rumah Baru atau Bekas?

Sebelumnya, pertimbangkan apakah Anda ingin membeli rumah baru atau bekas. Rumah baru memiliki fasilitas modern, garansi, namun harganya lebih tinggi. Rumah bekas mungkin memerlukan renovasi tetapi biasanya lebih terjangkau dan memiliki keuntungan dalam fleksibilitas desain.

2. Tentukan Anggaran yang Sesuai

Evaluasi keuangan Anda dengan jelas. Tentukan berapa banyak yang dapat Anda bayarkan untuk rumah dan berapa besar uang muka yang bisa Anda sediakan. Jika mengajukan KPR, pertimbangkan cicilan bulanan, uang muka, dan jangka waktu KPR.

Jika memungkinkan, pertimbangkan KPR Syariah yang menawarkan kepastian cicilan dan berbagai keuntungan lainnya. Pastikan Anda mampu untuk membayar cicilan KPR setiap bulannya.

Untuk menghitung kemampuan finansial Anda, Anda dapat menggunakan rumus berikut:

Pendapatan/bulan x 30% = Cicilan KPR/bulan

Misalnya, Anda memiliki pendapatan bersih sebesar Rp10 juta per bulan. Dengan menggunakan rumus tersebut, maka cicilan KPR Anda maksimal sebesar Rp3 juta per bulan.

3. Lokasi yang Strategis

Pilih lokasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pertimbangkan akses ke fasilitas umum seperti rumah sakit, pusat perbelanjaan, sekolah, dan transportasi. Pilihlah lokasi yang mendukung gaya hidup Anda serta memberikan kenyamanan dan keamanan.

4. Pertimbangkan Rencana Jangka Panjang

Jangan hanya memikirkan kebutuhan saat ini. Perencanakan untuk jangka panjang. Misalnya, jika berencana memperluas keluarga, pilihlah rumah yang bisa diubah dan menyesuaikan dengan kebutuhan masa depan.

5. Periksa Kondisi Bangunan dan Lingkungan Sekitar

Periksa kekokohan bangunan, kualitas, dan kondisi secara menyeluruh, terutama jika membeli rumah bekas. Pertimbangkan lingkungan sekitar; pastikan kondisi lingkungan memenuhi preferensi dan kenyamanan Anda.

6. Kelengkapan Dokumen dan Perizinan

Pastikan semua dokumen kepemilikan dan perizinan properti sudah lengkap. Hal ini akan menghindarkan masalah hukum di masa mendatang.

7. Pilihan Pembiayaan yang Aman dan Terpercaya

Jika Anda ingin memiliki rumah tanpa ke pembiayaan bank konvensional, maka pertimbangkan pembiayaan pemilikan rumah (PPR) yang menggunakan akad murabahah atau KPR syariah.

8. Risiko Bencana

Risiko bencana adalah hal yang tak boleh diabaikan. Pastikan untuk mengevaluasi tingkat risiko terjadinya bencana di lokasi rumah yang akan Anda beli. Apakah lokasi rawan banjir, longsor, atau bencana alam lainnya? Penting untuk mengetahui apakah risiko bencana tersebut kecil dan dapat diantisipasi, atau justru tinggi dan sulit untuk diatasi.

9. Sarana Transportasi

Sarana transportasi yang ada saat ini mungkin berbeda dengan perkembangan di masa depan. Perhatikan rencana perkembangan sarana transportasi di sekitar lokasi rumah yang Anda pertimbangkan. Ketersediaan akses ke transportasi umum, jalan raya, serta rencana pengembangan infrastruktur dapat berpengaruh pada kenyamanan dan nilai properti di masa mendatang.

10. Harga Rumah

Setelah meninjau lokasi, risiko bencana, dan sarana transportasi, pertimbangkan juga harga rumah yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda. Harga properti dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk lokasi, luas tanah/bangunan, serta kualitas bangunan.

Membeli tanah dan membangun rumah sesuai kebutuhan adalah kondisi yang ideal. Namun, mencari tanah yang ideal di kota-kota besar bisa menjadi tantangan tersendiri karena ketersediaannya yang terbatas. Pilihlah opsi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

11. Memilih Developer yang Tepat

Memilih developer terpercaya adalah kunci membeli rumah tanpa was-was. Cek reputasinya lewat testimoni dan portofolio, pastikan terdaftar di Kementerian PUPR, periksa izin pembangunan, tinjau proyek langsung, dan baca teliti perjanjian jual beli.

Dengan riset dan pertanyaan tepat, Anda bisa wujudkan impian rumah idaman dari tangan developer yang amanah.

12. Konsultasikan dengan Ahlinya

Dalam mencari rumah, konsultasikan dengan ahli properti. Mereka memiliki wawasan yang mendalam tentang pasar, lokasi yang potensial, serta kondisi properti.

Dengan saran mereka, Anda dapat membuat keputusan yang lebih bijaksana dan informasi yang lebih lengkap tentang properti yang ingin Anda beli.

Memilih rumah bukanlah keputusan yang mudah. Evaluasi mendalam terkait risiko bencana, perkembangan sarana transportasi, serta harga properti adalah langkah penting sebelum Anda melakukan pembelian.

Pastikan untuk mempertimbangkan semua aspek tersebut agar keputusan yang Anda ambil sesuai dengan kebutuhan, anggaran, dan keamanan Anda dalam jangka panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper