Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4 Jalan Tol Baru Siap Beroperasi Akhir 2023, Cek Daftarnya!

Sebanyak 4 ruas jalan tol yang merupakan proyek strategis nasional (PSN) disebut siap beroperasi akhir tahun ini. Berikut ini daftarnya.
Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) - Dok. BPJT
Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) - Dok. BPJT

2. Tol Serpong - Cinere

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) menargetkan Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Pamulang-Cinere sepanjang 3,64 kilometer bisa beroperasi dalam waktu dekat.

Investor Relation Department Head Jasa Marga, Milka Theodora  menuturkan bahwa Jalan Tol Serpong Cinere - Seksi 2 yang merupakan rangkaian akhir dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR 2) akan dioperasikan pada tahun ini.

"Yang ingin dicapai perseroan di akhir tahun 2023, pertama dari sisi operasional kami mengekspektasikan akan mengoperasikan ruas jalan tol Cinere - Serpong seksi 2 kurang lebih sepanjang 3,6 kilometer," kata Milka dalam rangkaian paparan publik, Senin (27/11/2023). 

Namun demikian, hingga saat ini belum diketahui secara pasti kapan tepatnya ruas tol ini akan dioperasikan. Hanya saja Jasa Marga memastikan bahwa pihaknya berkomitmen untuk melakukan percepatan operasi guna mendorong aktivitas barang dan jasa di Tol JORR 2.

3. Tol Cinere - Jagorawi (Cijago)

Selanjutnya, Tol Cinere - Jagorawi juga masuk ke dalam Jalan Tol yang siap dioperasikan pada akhir tahun ini. Sinyal pengoperasian tersebut disampaikan oleh Kementerian PUPR bersama dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang melaporkan bahwa pihaknya telah menyelesaikan seluruh pembangunan ruas jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) sepanjang 14,64 km.

Di samping itu, konstruksi ruas pelengkapnya yakni Seksi 3B (Junction Krukut-Limo) sepanjang 2,19 km juga telah dinyatakan lulus Uji Laik Fungsi dan mendapat Sertifikat Laik Operasi dari Direktur Jenderal Bina Marga. 

Seiring dengan hal tersebut, PUPR juga telah menerbitkan SK penetapan operasi dari Menteri PUPR berdasarkan Keputusan Menteri PUPR Nomor 1402/KPTS/M/2023 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3 B (Junction Krukut-Cinere) tertanggal 2 Oktober 2023.

“Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan sekitar,” jelas Menteri Basuki dalam keterangan resminya.

4. Tol Cimanggis - Cibitung

Kementerian PUPR juga sebelumnya menargetkan ruas tol Cimanggis - Cibitung akan tersambung penuh pada akhir tahun ini.

Sebagai informasi, ruas tol Cimanggis - Cibitung akan akan melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek, yang sebelumnya telah memiliki jaringan tol lingkar dalam kota dan lingkar luar (Jakarta Outer Ring Road/JORR) I yang sudah operasional dan JORR-2  dengan terhubung pada ruas Tol Cibitung-Cilincing.

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung memiliki total terdiri dari 2 seksi. Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementeriam PUPR, untuk Seksi 1A Junction Cimanggis-Jatikarya sepanjang 3,17 km telah beroperasi sejak 10 November 2020 lalu.

Sementara sisanya yakni Seksi 2A ruas Jatikarya-SS Cikeas sepanjang 3,50 km serta Seksi 2B ruas Cikeas-Cibitung sepanjang 19,80 km ditargetkan rampung dan dapat dioperasikan pada akhir tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper