Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tancap Gas Tol Probolinggo-Banyuwangi Usai Disuntik Rp7,4 Triliun

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) menargetkan akan mengoperasikan dua seksi ruas Tol Probolinggo-Banyuwangi pada akhir 2024.
Proyek Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi di Jawa Timur - Dok. Jasa Marga
Proyek Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi di Jawa Timur - Dok. Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) menargetkan akan mengoperasikan dua seksi ruas Tol Probolinggo-Banyuwangi pada akhir 2024 usai mendapat suntikan pendanaan jumbo senilai Rp7,4 triliun.

Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga Agus Setiawan mengungkapkan, saat ini proyek tersebut telah memasuki tahap konstruksi. Pada tahap awal pihaknya mulai menggarap ruas Probolinggo hingga Besuki sepanjang 50 kilometer (km) yang terbagi ke dalam 3 seksi.

Perinciannya, Seksi 1 Gending - Kraksaan (12,88 km) dengan progres konstruksi 15,01%. Kemudian, Seksi 2 Kraksaan - Paiton (11,20 km) progres konstruksinya sebesar 2,61%.

"Konstruksinya sudah berjalan dan diharapkan untuk Seksi 1 dan 2 sepanjang kurang lebih 35 kilometer akan bisa dioperasikan pada akhir tahun 2024," tuturnya dalam agenda paparan publik, dikutip Selasa (28/11/2023).

Sementara untuk Seksi 3 Paiton – Besuki (25,6 km) yang saat ini progres konstruksinya sebesar 0,65% ditargetkan akan rampung pada awal 2025.

Adapun, untuk konstruksi tahap 2 ruas Besuki – Banyuwangi sepanjang 126,72 km dan ditargetkan konstruksinya selesai setelah tahun 2024. 

Konstruksi tahap 2 Jalan Tol Probolinggo - Banyuwangi terdiri atas Seksi 4 Besuki - Situbondo (43,30 km), Seksi 5 Situbondo - Asembagus (16,76 km), Seksi 6 Asembagus - Bajulmati (37,45 km) dan Seksi 7 Bajulmati - Ketapang (29,21 km).

Sebelumnya, Jasa Marga melalui anak usahanya, yakni PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi (JPB) baru saja memperoleh kucuran kredit sindikasi mencapai Rp7,39 triliun.

Dalam laporannya, kredit sindikasi jumbo yang diperoleh JSMR tersebut berasal dari sejumlah industri perbankan RI mulai dari bank Himbara, bank swasta, bank pembangunan daerah (BPD), serta lembaga pembiayaan infrastruktur nasional.

Hadirnya Jalan Tol Trans Jawa diharapkan akan menghubungkan ujung barat hingga ujung timur pulau Jawa untuk meningkatkan konektivitas serta mempermudah mobilitas orang, barang dan jasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper