Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Akan Resmikan 2 Bandara Baru di Papua Hari Ini

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut bahwa Presiden Jokowi dijadwalkan akan meresmikan dua bandara baru di Papua pada hari ini, Kamis (23/11/2023).
Ilustrasi bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I (AP I)./ Dok. AP I
Ilustrasi bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I (AP I)./ Dok. AP I

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan dua bandara baru di Papua, yakni Bandara Douw Aturure di Nabire, Papua Tengah dan Bandara Siboru di Fakfak, Papua Barat.

“Kita sudah membangun bandara yang cantik dan keren di Papua. Insyaallah sudah siap diresmikan oleh Bapak Presiden Jokowi pada hari Kamis ini,” ujar Budi Karya dalam keterangan resminya, dikutip Kamis (23/11/2023).

Adapun, baik Bandara Douw Aturure maupun Bandara Siboru, termasuk ke dalam proyek strategis nasional (PSN) pemerintah.

Budi Karya menjelaskan, kedua bandara tersebut merupakan hasil kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah untuk saling melengkapi. Secara terperinci, dia menjelaskan, pemerintah daerah berperan dalam menyediakan lahannya kepada pemerintah pusat. 

Kemudian, proses pembangunan mulai dari terminal, landasan pacu (runway) dan fasilitas lainnya dilakukan oleh pemerintah.

Budi Karya berharap kehadiran dua bandara ini dapat semakin melancarkan mobilitas masyarakat dari dan ke Papua, baik ke Nabire maupun Fakfak. 

“Kami mohon dukungan pemda untuk melakukan upaya-upaya untuk memasarkan bandara ini agar penumpang dan penerbangannya semakin ramai,” katanya

Adapun, Bandara Siboru dibangun mulai tahun 2020-2023, sedangkan Bandara Douw Aturure Baru dibangun mulai tahun 2020-2022.

Berdasarkan data Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) hingga 2024, ada sekitar 19 proyek prioritas bandara yang akan diresmikan oleh Jokowi sebelum 2024 yang terdiri atas 10 bandara baru dan 9 bandara eksisting atau hanya berupa terminal baru. 

Khusus proyeksi pagu anggaran Ditjen Perhubungan Udara pada 2023 menargetkan ada 6 bandara baru yang akan dibangun dengan total anggaran senilai Rp1,13 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper