Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hore! Ruas Tol Trans Sumatra Ini Rampung Bulan Depan

Pembangunan jalan tol ruas Bangkinang - Pangkalan tahap 1 (Tanjung Alai) sepanjang 24,7 kilometer (km) ditargetkan rampung Desember 2023.
Proyek Jalan Tol Pekanbaru-Padang - Dok. Hutama Karya
Proyek Jalan Tol Pekanbaru-Padang - Dok. Hutama Karya

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan jalan tol ruas Bangkinang - Pangkalan tahap 1 (Tanjung Alai) sepanjang 24,7 kilometer (km) rampung Desember 2023.

Kementerian PUPR bersama dengan badan usaha jalan tol (BUJT) PT Hutama Karya (Persero) mencatat saat ini progres pembangunan Tol Bangkinang - Pangkalan tahap 1 telah mencapai 88,58%.

Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Riau T Juliansyah mengatakan bahwa progres konstruksi bagian dari Tol Trans Sumatra tersebut rampung lebih cepat seiring dengan kontribusi yang diberikan oleh pemerintah.

"Komisi V DPR RI sangat mendorong di dalam RDP-RDP.  Alhamdulillah, untuk Riau lahannya bisa bebas lebih cepat sehingga konstruksinya juga bisa dipercepat, dan sejauh ini saya tidak melihat ada kendala yang signifikan," tuturnya dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (19/11/2023).

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Muhammad Iqbal menyampaikan apresiasinya atas kualitas pengerjaan Jalan Tol Bangkinang - Pangkalan tahap 1 tersebut. Dia juga berharap jalan tol ini dapat segera dioperasikan dalam waktu dekat.

"Tadi kita lihat bersama-sama dan saya kira bagus pekerjaannya, diharapkan dalam waktu dekat tol ini bisa terealisasi sambungan jalan tol yang menghubungkan Provinsi Riau dan Sumatra Barat," terangnya.

Jalan Tol ruas Bangkinang - Pangkalan merupakan bagian dari ruas Tol Pekanbaru-Padang. Nantinya, jalan tol tersebut diharapkan dapat bermanfaat untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar utamanya di sekitar pintu masuk dan keluar jalan tol.

Adapun, proses konstruksi Jalan Tol Bangkinang - Pangkalan dikerjakan oleh pelaksana PT Hutama Karya dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) dengan total investasi mencapai Rp4 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper