Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Airlangga Perkirakan Subisidi LPG 3 Kg Tembus Rp117 Triliun Tahun Ini

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, beban subsidi LPG 3 kg terus mengalami kenaikan signifikan setiap tahunnya.
Pekerja menyusun tabung Liquified Petroleum Gas (LPG) di Jakarta, Senin (20/6/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Pekerja menyusun tabung Liquified Petroleum Gas (LPG) di Jakarta, Senin (20/6/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memperkirakan realisasi subsidi LPG 3 kg dapat menyentuh Rp117 triliun hingga akhir tahun ini. 

Proyeksi itu disampaikan Airlangga selepas rapat internal terkait dengan jaringan gas rumah tangga dan pendistribusian LPG tabung 3 kilogram di Istana Merdeka, Kamis (12/10/2023) kemarin.

“Nilai subsidi diperkirakan tahun ini bisa mencapai Rp117 triliun,” kata Airlangga dikutip dari Kanal Youtube Sekretariat Kabinet RI, Jumat (13/10/2023). 

Airlangga mengatakan, beban subsidi tabung gas melon itu belakangan terus mengalami kenaikan signifikan setiap tahunnya. Sementara itu, realisasi belanja untuk LPG komersial justru memperlihatkan tren penurunan.

“Di tahun 2022 kemarin mencapai 7,8 juta ton untuk yang subsidi, sedangkan yang nonsubsidi turun terus, yang kemarin sekitar 580.000 ton,” kata dia. 

Dia menuturkan, beban fiskal terhadap belanja gas LPG 3 kg menjadi perhatian dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat ratas tersebut. 

Jokowi, kata Airlangga, berharap beban fiskal itu dapat ditekan lewat penemuan lapangan rich gas lainnya sebagai bahan baku LPG domestik mendatang.

“Presiden meminta untuk menghitung bagaimana caranya agar lapangan-lapangan yang berpotensi untuk produksi LPG atau LPG mini ini terus didorong,” kata dia. 

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaporkan belanja subsidi LPG 3 kg sudah mencapai Rp37,73 triliun sepanjang Januari-Juni 2023. 

Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Maompang Harahap mengatakan, belanja subsidi LPG 3 kg itu mengambil porsi terbesar dalam alokasi belanja subsidi energi beberapa tahun terakhir. Alasannya, kata Maompang, pembelian LPG 3 kg hingga saat ini masih bersifat terbuka atau belum dibatasi untuk keluarga penerima manfaat (KPM).  

“Hal ini yang menjadi salah satu tantangan dalam penyaluran LPG 3 kilogram yang belum tepat sasaran, pemerintah berkomitmen untuk melakukan transformasi subsidi LPG 3 kilogram,” kata Maompang saat konferensi pers daring, Kamis (3/8/2023). 

Adapun, sesuai dengan laporan keuangan pemerintah pusat (LKPP) audited, realisasi subsidi LPG 3 kilogram pada 2022 mencapai Rp139 triliun. Nominal itu sudah termasuk pelunasan kurang bayar subsidi LPG 3 kg pada 2022 dan 2021 sebesar Rp15,64 triliun. 

Di sisi lain, pemerintah menyiapkan pagu anggaran subsidi untuk LPG 3 kg tahun ini sebesar Rp117,85 triliun. Nilai subsidi gas melon itu mengambil porsi terbesar jika dibandingkan dengan subsidi listrik dan bahan bakar minyak (BBM) tahun ini. Bantuan pemerintah itu tetap menahan harga jual eceran (HJE) LPG 3 kg di angka Rp4.250 per kilogram selama 1 dekade terakhir. 

Besarnya nilai subsidi itu turut diperlihatkan dari tren penyaluran gas melon ke tengah masyarakat yang mengalami peningkatan signifikan dalam kurun waktu 2019 sampai dengan 2022 sebesar 4,5 persen setiap tahunnya. Pada transaksi tahun lalu, realisasi penyaluran LPG 3 kg mencapai di level 7,8 juta ton.  

Sementara itu, penyaluran gas melon tersebut sudah mencapai 4,64 juta ton atau 58% dari kuota yang diberikan per 31 Juli tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper