Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PT KAI Tambah 16 Trainset, LRT Layani 230 Perjalanan per Hari

PT KAI melakukan penambahan trainset LRT Jabodebek menjadi 16 unit sehingga bisa melayani 230 perjalanan per hari.
Kereta Light Rail Transit (LRT) melintas di Kelapa Gading, Jakarta, Selasa (2/8/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Kereta Light Rail Transit (LRT) melintas di Kelapa Gading, Jakarta, Selasa (2/8/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI telah resmi menambah frekuensi perjalanan LRT Jabodebek mulai hari ini, Senin (18/9/2023).

Manajer Humas KAI Divisi LRT Jabodebek Kuswardojo menuturkan penambahan jumlah perjalanan dilakukan guna memenuhi kebutuhan pelanggan. 

Kuswardojo mengatakan jumlah perjalanan LRT Jabodebek bertambah menjadi 230 perjalanan per hari dari sebelumnya 158 perjalanan per hari. Seiring dengan hal tersebut, jumlah rangkaian kereta (trainset) yang dioperasikan pun turut bertambah.

“Saat ini kami mengoperasikan 16 trainset dari sebelumnya 12 trainset,” jelas Kuswardojo saat dihubungi, Senin (18/9/2023).

Ke depannya, Kuswardojo mengatakan PT KAI dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan terus mengevaluasi dan mengkaji penambahan frekuensi perjalanan serta rangkaian kereta yang beroperasi.

Selain itu, seluruh stakeholder terkait juga berupaya untuk memastikan perjalanan LRT Jabodebek berjalan dengan baik dan tidak mengalami gangguan.

Dia menuturkan, salah satu upaya yang dilakukan PT KAI adalah dengan menempatkan personilnya di setiap perjalanan LRT Jabodebek untuk mengantisipasi dan menangani gangguan yang terjadi dengan lebih cepat.

“Semua aspek akan selalu kami evaluasi, untuk memastikan pelayanan lebih baik dari sebelumnya,” katanya.

Sebelumnya, berdasarkan unggahan pada akun Instagram resminya, @lrt_jabodebek yang diakses pada Senin (18/9/2023), penambahan frekuensi perjalanan LRT Jabodebek berdampak pada menurunnya waktu kedatangan antarkereta (headway). 

Secara rinci, lintas Harjamukti-Cawang dan Jatimulya-Cawang kini akan memiliki headway 15 menit dari sebelumnya sekitar 20 menit. Kemudian, lintas Dukuh Atas-Cawang kini memiliki headway rata-rata 7,5 menit dari sebelumnya sekitar 10 menit.

Penambahan perjalanan kereta juga berimbas pada jadwal keberangkatan pertama yang lebih pagi dan keberangkatan terakhir yang lebih malam.

Secara terperinci, jadwal keberangkatan awal Dukuh Atas-Harjamukti adalah pada 05.12 WIB. Kemudian, Harjamukti-Dukuh Atas juga pada pukul 05.59 WIB.

Kemudian, keberangkatan awal rute Jatimulya-Dukuh Atas adalah pada 05.00 WIB. Adapun, Dukuh Atas-Jati Mulya adalah pukul 06.00 WIB.   

Adapun, jadwal keberangkatan terakhir Dukuh Atas-Jati Mulya adalah pukul 19.45 WIB,sementara Jati Mulya-Dukuh Atas adalah pada 18.44 WIB. 

Selanjutnya, jadwal keberangkatan terakhir untuk rute Harjamukti-Dukuh Atas adalah pada pukul 19.42 WIB, dengan Dukuh Atas-Harjamukti pada 19.42 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper