Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ditjen Bina Marga PUPR Anggarkan Rp16,67 Triliun untuk Proyek IKN pada 2024

Anggaran tersebut mencakup total 18 paket pengerjaan di IKN, di antaranya pembangunan Jalan Lingkar Sepaku segmen 4, Lingkar Sepaku tahap II, dan lainnya.
Foto udara proses pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (22/8/2023).  ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Foto udara proses pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (22/8/2023). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga memperoleh pagu anggaran tahun anggaran 2024 sebesar Rp55,4 triliun. 

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian menuturkan bahwa pagu tersebut mencakup alokasi anggaran pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang ditetapkan sebesar Rp16,67 triliun.

Lebih lanjut, Hedy menjelaskan bahwa pembangunan IKN tersebut masuk ke dalam program infrastruktur konektivitas yang dilaporkan menelan pagu anggaran mencapai Rp53,008 triliun.

"Untuk IKN kami laporkan anggaran tahun anggaran 2024 itu Rp16,67 triliun. Walau anggaran kami cukup besar, tapi anggaran ini banyak digunakan untuk hal-hal yang sifatnya sangat spesifik seperti untuk IKN ini," jelasnya dalam agenda Rapat Dengar Pendapat (RDP) Kementerian PUPR dengan Komisi V DPR RI, Rabu (6/9/2023).

Hedy memerinci, anggaran tersebut mencakup total 18 paket pengerjaan, di antaranya pembangunan Jalan Lingkar Sepaku segmen 4, Lingkar Sepaku tahap II, dan pembangunan jalan akses menuju masjid di Kawasan IKN dan Dermaga I Logistik. 

Kemudian, anggaran tersebut juga mencakup paket pengerjaan Jalan Sumbu Kebangsaan sisi Barat, pembangunan Jalan Sumbu Kebangsaan sisi Timur, dan pembangunan Jalan I Feeder. 

Di samping itu, Bina Marga juga mengalokasikan angaran tersebut untuk sejumlah kegiatan dukungan infrastruktur tahun anggaran 2024. Dengan perincian sebagai berikut: 

- Pembangunan Jalan Tol IKN Seksi 3A: Segmen Karangjoang - KKT Kariangau

- Pembangunan Pembangunan Jalan Tol IKN Seksi 3B: Segmen KKT Kariangau - Sp. Riko

- Pembangunan Jalan Tol IKN Seksi 5A: Segmen Sp. Tempadung - Jembatan Pulau Balang

- Pembangunan Jalan Akses Persemaian IKN Mentawir

- Duplikasi Jembatan Pulau Balang Bentang Pendek

- Pengadaan Sebagian Kebutuhan Pembangunan Bandara VVIP (sisi landasan udara)

- Jalan Akses Bandara VVIP

- Pembangunan Jalan bypass Pasar Sepaku

- Pembangunan Jalan Bebas Hambatan seksi 6A: Segmen Riko Roncana Outer Ring Road IKN

- Pembangunan Jalan Bebas Hambatan seksi 6B: Roncana Outer Ring Road Sp. 3 ITCi

- Pembangunan Jalan Bebas Hambatan seksi 5B: Segmen Jembatan Pulau Balang - Sp. Roncana Bandara VVIP Riko

- Pembangunan Jalan Seksi 6C I: Sp. 3 ITCi - Simpang 10 - Sumbu Kebangsaan Timur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper