Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Progres Kereta Cepat Jelang Uji Coba Awal September 2023

KCIC mempersiapkan berbagai perlengkapan di area stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung untuk pelayanan dan kenyamanan kepada para penumpang.
Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) atau kereta untuk proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung (KCJB) mulai dikirim dari China ke Indonesia pada Jumat (5/8/2022) - Dok. KCIC
Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) atau kereta untuk proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung (KCJB) mulai dikirim dari China ke Indonesia pada Jumat (5/8/2022) - Dok. KCIC

Bisnis.com, JAKARTA – Progres konstruksi proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) telah mencapai lebih dari 95 persen jelang dimulainya masa uji coba terbatas pada awal September 2023.

Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Dwiyana Slamet Riyadi menuturkan, menjelang uji coba operasional KA Cepat relasi Jakarta - Bandung hingga kini pembangunan prasarana KA Cepat menunjukkan progres yang signifikan. Progres konstruksi secara keseluruhan telah mencapai 95,57 persen per Juli 2023.

Dia menyebut pembangunan stasiun yang dibangun untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini juga telah memasuki pembangunan tahap akhir. 

Sementara itu, untuk pembangunan Stasiun Halim sudah mencapai 97,32 persen. Kemudian, Stasiun Karawang telah mencapai 98,14 persen, konstruksi Stasiun Padalarang tercatat sebesar 67,51 persen, dan Stasiun Tegalluar adalah sebesar 99,82 persen.

Dwiyana melanjutkan, sejumlah persiapan juga masih dilakukan, seperti uji coba KCJB dengan kecepatan hingga 350 km per jam, sertifikasi sarana dan prasarana dengan Kementerian Perhubungan untuk mendapatkan izin operasi. 

KCIC juga sedang mempersiapkan berbagai perlengkapan di area stasiun untuk pelayanan dan kenyamanan kepada para penumpang secara bertahap. 

“Melalui sejumlah persiapan yang dilakukan diberbagai sisi diharapkan uji coba dengan penumpang tak berbayar yang akan mulai dilakukan pada awal September dapat berjalan lancar,” kata Dwiyana dalam keterangan resminya, dikutip Senin (14/8/2023).

KCIC berkomitmen untuk menyiapkan akses menuju area Stasiun KA Cepat yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Jakarta dan sekitarnya. Penyediaan akses tersebut dapat dilakukan melalui dukungan besar dari pemerintah pusat, daerah, BUMN, swasta, dan para operator transportasi.

Dwiyana mencontohkan, Stasiun Halim akan memiliki konektivitas dengan Jalan Raya melalui akses dari Jl DI Panjaitan, Exit Tol km 1+850 Tol Jakarta - Cikampek, LRT Jabodebek hingga nantinya BRT Transjakarta, BRT JR Connexion, Shuttle dari bandara halim, Microtrans, dan taksi konvesional maupun online.

Stasiun Padalarang telah memiliki jalan eksisting yang diperbaiki dan diperlebar. Dwiyana mengatakan nantinya akan ada akses penghubung Stasiun Padalarang dengan Kawasan Kota Baru Parahyangan dengan area drop off dan skybridge yang terhubung langsung dengan bangunan stasiun. 

Stasiun Padalarang akan memiliki layanan intermoda berupa KA Feeder, Commuter Line Bandung Raya, Commuter Line Garut, BRT Trans Metro Pasundan, Damri, shuttle, angkutan dalam kota, serta taksi konvensional dan online. 

Untuk Stasiun Karawang, akan tersedia Akses jalan dari Kawasan THK dan Deltamas serta Exit Tol km 42 Tol Jakarta - Cikampek yang seluruhnya sedang dalam tahap persiapan pembangunan.

KCIC akan terus melakukan percepatan pembangunan, agar nantinya saat Stasiun Karawang dioperasikan masyarakat dapat mengaksesnya dengan nyaman.

KCIC juga akan menyediakan Damri, BRT JR Connexion serta taksi konvesional dan online untuk menunjang perjalanan first mile maupun last mile penumpang. 

Sementara itu, Stasiun Tegalluar saat ini telah memiliki akses dari Jembatan Cibiru Hilir yang baru saja dioperasikan pada 10 Agustus 2023. Dengan dioperasikannya Jembatan Cibiru Hilir maka akses menuju Stasiun Tegalluar semakin mudah dijangkau dari berbagai titik seperti GBLA dan Masjid Al Jabbar, Stasiun Cimekar, Stasiun Gedebage serta Kawasan Summarecon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper