Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Masalah Proyek LRT & Kereta Cepat, Biaya Bengkak hingga Polemik Salah Desain

Penyelesaian megaproyek LRT Jabodebek dan Kereta Cepat Jakarta Bandung diwarnai oleh berbagai persoalan, dari biaya bengkak hingga polemik salah desain
Rangkaian kereta Lintas Rel Terpadu (LRT) melintasi jembatan lengkung di kawasan Jl. Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (2/8/2023). Bisnis/Arief Hermawan P
Rangkaian kereta Lintas Rel Terpadu (LRT) melintasi jembatan lengkung di kawasan Jl. Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (2/8/2023). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung dan LRT Jabodebek terus mendapat sorotan seiring jadwal pengoperasiannya yang kian dekat.

Dalam perkembangan terakhir, masa uji coba operasi terbatas Kereta Cepat Jakarta Bandung dipastikan mundur hingga September 2023 dari jadwal semula yang ditargetkan pada 18 Agustus 2023.

Sementara itu, operasional LRT Jabodebek mundur hingga 30 Agustus 2023. Proyek ini sebelumnya dijadwalkan meluncur untuk komersial pada 18 Agustus 2023.

Dua megaproyek sektor transportasi itu telah menghadapi beragam masalah dalam proses pembangunannya selama 7-8 tahun ini. Mulai dari biaya bengkak, perencanaan yang kurang baik, hingga polemik soal desain.

Berikut 10 Masalah Proyek LRT Jabodebek dan Kereta Cepat Jakarta Bandung:

LRT Jabodebek

1. Target operasional yang terus mundur

Target operasional terus mundur Proyek LRT Jabodebek sudah mundur beberapa kali dari target commercial operation date atau COD.

Awalnya, proyek strategis nasional itu ditargetkan beroperasi pada Juli 2019 dan kemudian digeser ke Agustus 2022 karena kesulitan pembebasan lahan dan pandemi Covid-19. Namun, Kementerian Perhubungan menyebut bahwa LRT Jabodebek belum bisa siap pada Agustus 2022 untuk diuji coba atau soft launching.

Jadwal terbaru operasional LRT Jabodebek ditarget pada 18 Agustus 2023, tetapi akhirnya bergeser lagi ke 30 Agustus 2023. Penundaan ini untuk mematangkan proses uji coba dan kelayakan sistem yang dilakukan secara detail oleh Siemens hingga 30 Agustus 2023.

2. Longspan LRT Salah Desain

Jembatan lengkung bentang panjang (longspan) LRT Jabodebek di kawasan Gatot Subroto-Kuningan disebut salah desain oleh Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo. Pembangunan longspan oleh PT Adhi Karya Tbk. (ADHI) disebut tanpa pengujian sudut kemiringan kereta.

Tiko menilai seharusnya longspan dibuat lebih lebar agar kereta bisa melaju dengan kecepatan optimal saat melintasi longspan.

3. Spesifikasi Kereta LRT Tak Seragam

Bukan hanya salah desain longspan, Tiko membeberkan bahwa spesifikasi 31 rangkaian LRT Jabodebek buatan Inka ternyata tidak sama satu dengan yang lainnya. Perbedaan spesifikasi terjadi dari aspek dimensi, berat, kecepatan hingga pengereman.

Ketidakseragaman itu, kata Tiko membuat Siemens sebagai penanggung jawab software proyek tersebut harus memperlebar toleransi sehingga biaya yang dibutuhkan lebih besar.

4. Biaya LRT Bengkak

Proyek LRT Jabodebek ternyata juga mengalami pembengkakan biaya (cost overrun). Awalnya biaya proyek tersebut hanya Rp29,9 triliun, tetapi membengkak hingga Rp32,5 triliun.

Cost overrun sebesar Rp2,6 triliun itu akhirnya ditutupi oleh penyertaan modal negara (PMN) menggunakan APBN 2021.

5. Sempat Kecelakaan di Cibubur

Tabrakan rangkaian LRT Jabodebek pernah terjadi pada 25 Oktober 2021 pukul 12.30 WIB. Rangkaian TS29 menabrak ujung rangkaian TS20 di track 1 Stasiun Harjamukti. Kecelakaan tersebut terjadi saat kedua rangkaian LRT Jabodebek tengah melakukan proses langsir untuk mengosongkan jalur 2 untuk kepentingan pengujian sarana.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menemukan fakta bahwa kecelakaan antar rangkaian LRT Jabodebek terjadi karena masinis atau teknisi tidak fokus saat menjalankan rangkaian karena tengah menggunakan handphone.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper