Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LRT Jabodebek Molor 2 Tahun, Kerugian Bisa Tembus Rp3,5 Triliun!

Penundaan operasional LRT Jabodebek yang molor hingga 2 tahun berisiko menimbulkan kerugian hingga Rp3,5 triliun!
Kereta Light Rail Transit (LRT) melintas di Kelapa Gading, Jakarta, Selasa (2/8/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Kereta Light Rail Transit (LRT) melintas di Kelapa Gading, Jakarta, Selasa (2/8/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnsi.com, JAKARTA - Proyek LRT Jabodebek yang ditargetkan beroperasi pada 2021 kini justru molor hingga 2 tahun. Risiko kerugian (potential loss) melalui perhitungan kasar ditaksir mencapai Rp3,5 triliun!

Target operasional tersebut semula dikatakan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan saat menyaksikan pengangkatan kereta LRT Jabodebek di Stasiun Harjamukti, Cibubur, Minggu (13/10/2019).

"Kita akan lakukan penyelesaian tes sarana dan tes konstruksi secara bersamaan. Diharapkan kegiatan opersionalnya mulai 2021," ujar Budi Karya.

Dia menuturkan tarif LRT dari Cibubur- Dukuh Atas nantinya sebesar Rp12.000 dan telah disubsidi 50 persen dari Pemerintah. Adapun, harga komersil rute yang sama mencapai Rp25.000.

Dua tahun berselang, ternyata LRT Jabodebek dikabarkan menghadapi beberapa masalah. Beberapa waktu lalu, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menyebutkan sejumlah problemnya.

Presiden Joko Widodo bersama dengan Menhub Budi Karya, Menteri BUMN Erick Thohir, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, serta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, meninjau langsung kesiapan LRT Jabodebek, Kamis (3/8/2023).

Hasilnya, Menhub Budi Karya langsung melakukan penundaan untuk mematangkan proses uji coba dan kelayakan sistem yang dilakukan secara detail oleh Siemens hingga 30 Agustus 2023.

"Kami minta saran ke Presiden dan disampaikan pokoknya kami harus melakukan uji coba. Jika sudah berhasil, maka akan kami buka. Jadi, bisa menjadi 20 Agustus atau 30 Agustus [2023]," kata Budi, Kamis (3/8/2023).

Jika LRT Jabodebek jadi meluncur pada 30 Agustus 2023, maka megaproyek tersebut sudah molor 2 tahun dari target semula.

Padahal, LRT ini diprediksi bisa melayani hingga 200.000 penumpang saat beroperasi. Angka tersebut didapat berdasarkan survei terbaru yang dilakukan LRT Jabodebek.

"Dari hasil survei terbaru itu ditemukan bahwa peminat ini [LRT] cukup tinggi, sehingga diperkirakan akan ada 200.000 penumpang per hari," kata Manajer Humas LRT Jabodebek Kuswardoyo, Kamis (6/7/2023).

Adapun, besaran tarif LRT sebagaimana tertuang dalam Keputusan Menteri Perhubungan (KM) No. 67/2023 tentang Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api Ringan Terintegrasi di Wilayah Jabodebek untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik di tetapkan besarannya pada kisaran Rp5.000 hingga Rp24.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Alifian Asmaaysi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper