Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Penampakan Proyek Istana Presiden di IKN, Rampung Juli 2024

Kementerian PUPR melaporkan progres fisik pembangunan infrastruktur dasar Ibu Kota Nusantara (IKN).
Pembangunan IKN Nusantara/Istimewa
Pembangunan IKN Nusantara/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan progres fisik pembangunan infrastruktur dasar Ibu Kota Nusantara (IKN) tahap pertama yang saat ini mencapai 36 persen.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan seluruh kegiatan konstruksi pembangunan masih terjaga dari sisi jadwal pelaksanaan. Bahkan, menurut Basuki progres di sejumlah proyek lebih cepat dari rencana.

Adapun, proyek yang dimaksud Basuki yaitu pembangunan Gedung Istana Negara dan Penataan Sumbu Kebangsaan. Dia pun meninjau langsung progres pembangunan IKN di Kalimantan Timur, termasuk bangunan kantor pemerintahan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) pekan lalu, Jumat (28/7/2023).

"Di depan kawasan Istana Presiden terdapat plaza dan lapangan upacara. Kita harapkan akhir Desember 2023 tempat upacaranya sudah selesai, sedangkan Istana Negara dan Kantor Presiden akan selesai pada Juli 2024. Sehingga Insya Allah jika Presiden berencana upacara 17 Agustus 2024 sudah bisa," kata Basuki dalam keterangan resminya, dikutip Senin (31/7/2023). 

Begini Penampakan Proyek Istana Presiden di IKN, Rampung Juli 2024

Proyek pembangunan IKN - Dok. Kementerian PUPR

Dia menerangkan, PUPR tengah fokus dalam pengembangan KIPP di Zona 1A karena pihaknya mendapat amanah untuk pembangunan infrastruktur dasar menggunakan dana APBN, di mana anggarannya sudah disediakan oleh Kementerian Keuangan. 

Dalam hal ini, pembangunan infrastruktur dasar dan gedung pemerintahan di KIPP menjadi modal bagi Otorita IKN Nusantara untuk membangun kepercayaan publik dan menarik investor untuk berinvestasi.

"Saya mendapat informasi bahwa beberapa investor sudah akan masuk dan segera mulai konstruksinya (groundbreaking), seperti kantor BUMN, Bank Indonesia, Pertamina, Rumah Sakit Hermina, dan hotel," ujarnya. 

Di samping itu, PUPR mencatat progres pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri dengan progres 18,26 persen dan Kantor Kementerian Koordinator 1 mencapai 9,8 persen.

Begini Penampakan Proyek Istana Presiden di IKN, Rampung Juli 2024

Basuki meminta agar kawasan IKN mulai kembali dihijaukan dan tanam pohon-pohon rindang. Adapun, persemaian telah disiapkan di beberapa titik dengan puluhan ribu pohon, termasuk untuk penghijauan di koridor tol, seperti pulai, keppel, sawo, asem jawa, beringin, tabebuya dan sukun.

"Kami sangat berterimakasih pada PPAD yang sudah menyumbangkan 42.000 pohon tadi beserta perawatnya. Jumlah ini akan bertambah terus," terangnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga telah menyelesaikan sejumlah infrastruktur pendukung kawasan IKN Nusantara, di antaranya pembangunan Prasarana Intake dan Jaringan Pipa Transmisi Sungai Sepaku, Embung Mentawir, Hunian Pekerja Konstruksi (HPK), dan Bendungan Sepaku Semoi yang segera selesai dan dimulai penggenangannya.

Begini Penampakan Proyek Istana Presiden di IKN, Rampung Juli 2024

Lebih lanjut, Basuki menuturkan bahwa pembangunan Bendungan Sepaku Semoi memiliki fungsi vital untuk menyediakan air baku kawasan IKN dengan kapasitas 2.000 liter/detik dan Kota Balikpapan sebesar 500 liter/detik.

Bendungan ini juga diproyeksikan sebagai infrastruktur pengendali/detik banjir kawasan IKN sebesar 55 persen. Sedangkan dari intake Sepaku, kapasitas air baku yang bisa dialirkan adalah 3000 liter. Keseluruhan air baku ini cukup untuk memenuhi kebutuhan Kawasan IKN Nusantara hingga tahun 2030.

"Bendingan Sepaku Semoi saat ini sudah tuntas timbunan main damnya, segera digenangi untuk penyediaan air baku di KIPP IKN," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper