Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri Basuki Minta Proyek Istana Negara IKN Dikebut

Menteri PUPR Basuki meminta agar pengerjaan Istana Negara di IKN dikebut karena ditargetkanselesai pada Juli 2024.
Pembangunan IKN Nusantara/Istimewa
Pembangunan IKN Nusantara/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengimbau pengerjaan plaza dan lapangan upacara di depan kawasan Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN) dapat dikebut.

Saat melakukan kunjungan peninjauan progres konstruksi pembangunan sejumlah infrastruktur dasar IKN pada Jumat (27/7/2023), Menteri Basuki menargetkan pengerjaan lapangan upacara IKN akan rampung pada akhir tahun ini.

"Di depan kawasan Istana Presiden terdapat plaza dan lapangan upacara. Kita harapkan akhir Desember 2023 tempat upacaranya sudah selesai," jelasnya dalam keterangan resminya, dikutip Sabtu (29/7/2023).

Basuki menambahkan, adapun konstruksi Istana Negara serta kantor kepresidenan di IKN ditargetkan akan selesai pada awal semester II tahun depan atau tepatnya pada Juli 2024.

"Insyaallah jika Presiden berencana upacara 17 Agustus 2024 sudah bisa," tambahnya.

Untuk diketahui sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang diketahui berkeinginan menghelat perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 mendatang di halaman istana kepresidenan yang berada di IKN.

Bahkan, Jokowi turut menekankan ambisi agar pada Agustus 2024 IKN diharapkan telah menjadi kota modern. 

"Yang jelas di bulan Agustus 2024, kami ingin IKN telah menjadi kota modern yang hidup. Dan kita Upacara HUT kemerdekaan Indonesia ke-79 itu di halaman istana [kepresidenan] IKN," katanya beberapa waktu lalu.

Berdasarkan catatan Bisnis.com, adapun hingga Juni 2023 progres fisik pembangunan lapangan upacara IKN dilaporkan mencapai 12,83 persen.

Proyek istana negara di IKN Nusantara dibangun di atas lahan seluas 100 hektare (ha). Kawasan istana negara nantinya akan memiliki luas 50 ha dan memiliki taman botani seluas 50 ha.

Adapun, proyek pembangunan gedung istana negara dan lapangan upacara pada kawasan istana kepresidenan di IKN Nusantara senilai Rp1,34 triliun dikerjakan oleh PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk. (PTPP).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Alifian Asmaaysi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper