Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Daftar Proyek yang Seret Menhub Budi Karya Jadi Saksi KPK

KPK memanggil Menhub Budi Karya menjadi saksi dalam kasus dugaan suap sejumlah proyek perkeretaapian.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat melakukan kunjungan kerja ke Medan, Sumatera Utara./Kemenhub
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat melakukan kunjungan kerja ke Medan, Sumatera Utara./Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi terkait dengan dugaan kasus suap Pembangunan Jalur Kereta Api di Sulawesi Selatan.

Kepala Bagian (Kabag) Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan Menhub Budi Karya akan diperiksa sebagai saksi dalam perkara suap di Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

Sebelumnya, KPK juga telah menetapkan 10 orang dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan swasta sebagai tersangka kasus dugaan suap proyek jalur kereta api tahun anggaran 2018-2022 pada 11 April 2023.

Salah satu proyek yang diungkap oleh KPK adalah proyek pembangunan jalur kereta di Makassar, Sulawesi Selatan. Wakil Ketua KPK Johanis Tanak kala itu membenarkan bahwa kasus proyek yang terseret kasus suap itu berkaitan dengan KA Makassar-Parepare.

Berdasarkan konstruksi perkaranya, empat proyek perkeretaapian yang terseret dalam pusaran kasus suap itu yakni proyek pembangunan jalur KA di Makassar; pembangunan jalur kereta api ganda Solo Balapan–Kadipiro–Kalioso; empat proyek pembangunan jalur kereta api dan dua proyek supervisi di Lampegan, Cianjur, Jawa Barat; serta proyek perbaikan perlintasan sebidang Jawa-Sumatra. 

KA Makassar-Parepare

Adapun, proyek KA Makassar–Pare-pare termasuk dalam pembangunan jalur Kereta Api Trans Sulawesi yang merupakan pembangunan prasarana transportasi berbasis rel pertama di pulau Celebes. Studi kelayakan proyek tersebut sudah dilakukan sejak 2001 dan pembangunannya dimulai pada 2015.

Pada Maret 2023, Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian kereta api pertama di Sulawesi yakni Makassar-Parepare lintas Maros–Barru. Kereta tersebut merupakan bagian dari Kereta Api Trans Sulawesi yang menghubungkan Sulawesi Selatan (Makassar) hingga Sulawesi Utara (Manado). 

Kemenhub mencatat dari total jalur sepanjang 157,7 kilometer (km) Makassar-Parepare, sepanjang 142 km merupakan lintas utama dan 15,7 km siding track yang menghubungkan kereta api dengan Pelabuhan Garongkong dan Pabrik Semen Tonasa.

Adapun, panjang jalur kereta yang telah terbangun adalah 118 kilometer hingga akhir Maret 2023. Jalur sepanjang 90 kilometer yang dimulai dari Stasiun Maros hingga ke Stasiun Barru sudah siap dioperasikan dengan melintasi 10 stasiun.

Nilai investasi pembangunan proyek KA Makassar-Parepare berjumlah Rp9,28 triliun. Dana tersebut berasal dari APBN, pembiayaan Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), serta pengadaan tanah oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) dan APBD.

Jalur Kereta Api Ganda Solo Balapan-Kadipiro-Kalioso

Berdasarkan catatan Bisnis.com pada 9 Januari 2022, jalur ini merupakan bagian dari rencana pembangunan rel ganda KA Solo - Semarang fase 1. Pembangunan segmen Solo Balapan-Kalioso disebutkan memiliki nilai investasi Rp920 miliar.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan rel ganda fase 1 tersebut memiliki panjang 10 kilometer spoor (Km'sp) dengan 1,8 Km'sp akan dibangun secara layang (elevated). Rel layang tersebut akan menjadi yang terpanjang di Indonesia. 

"Proyek rel ganda KA Solo Balapan-Kalioso sepanjang 10 Km'sp, dibangun dengan biaya sekitar Rp920 miliar yang berasal dari rupiah murni dan Surat Berharga Syariah Negara [SBSN]. Ditargetkan, pembangunannya selesai pada akhir 2023," kata Budi Karya kala itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper