Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lantik Pejabat Kemenkeu, Sri Mulyani: Jangan Berkhianat dan Jaga Integritas!

Menkeu Sri Mulyani memberikan pesan saat melantik pejabat baru di Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kemenkeu.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melantik sejumlah pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan pada Kamis (13/7/2023). Dok Instagram @smindrawati.
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melantik sejumlah pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan pada Kamis (13/7/2023). Dok Instagram @smindrawati.

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melantik sejumlah pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan pada Kamis (13/07). Dia meminta agar para pejabat baru jangan sampai berkhianat dan menjaga integritas selama bekerja. 

Banyak harapan yang disampaikan Sri Mulyani melalui transformasi DJPK tersebut, diantaranya harapan dengan adanya kegiatan pelantikan ini dapat membuat kinerja DJPK semakin baik dan unggul sesuai dengan tugas dan fungsinya, termasuk mengenai pembagian Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil (DBH).

“Masih banyak pekerjaan rumah di sana yang harus kita lakukan. Apakah transfer itu betul-betul menyebabkan daerah bisa menjalankan fungsinya sebagai organ pemerintahan di dalam menciptakan masyarakat adil, makmur dan melayani masyarakat? Kinerja dari pemerintah daerah yang hasil akhirnya adalah output outcome yang bisa kita ukur,” ungkap Sri Mulyani dalam keterangan resmi, Jumat (14/7/2023). 

Menkeu juga berhara  melalui transformasi yang dilakukan DJPK akan mampu membangun pemikiran-pemikiran kritis serta mampu memupuk kerja sama dengan sinergi.

Baik antar bagian di dalam DJPK sendiri, antar unit di Kementerian Keuangan, hingga mampu berkolaborasi dengan berbagai Kementerian dan Lembaga di pusat maupun di daerah.

“Buatlah team work yang betul betul kompak. Hilangkan ego masing-masing unit direktorat atau fungsional. Karena kalau itu yang terjadi, maka yang rugi adalah Indonesia,” tuturnya.

Selain itu, Sri Mulyani meminta para pejabat menerapkan fleksibilitas dalam menciptakan berbagai terobosan, inovasi, keratifitas, dan solusi untuk kemakmuran rakyat, sehingga kesejahteraan dan kemakmuran itu bisa terdistribusikan merata ke seluruh pelosok Indonesia.

Pasalnya, kata Menkeu, masih banyak tantangan pembangunan seperti kemiskinan ekstrim belum diatasi, stunting masih ada, adanya ketimpangan, adanya jalan yang rusak, ada anak-anak yang masih belum bisa sekolah. Para pejabat harus gelisah dan harus bisa menjawab melalui tugas, fungsi dan seluruh kewenangan, serta sumber daya dimiliki. 

Untuk itu, Sri Mulyani menghimbau agar seluruh jajaran DJPK dapat menjadi organisasi yang memprioritaskan kemajuan di daerah, dengan menggunakan dan menciptakan beragam instrumen kebijakan.

“Jadi tolong terus berambisi, melihat data, melihat masalah, membuat analisa, saling diskusi dan lihat negara lain, baca data negara lain, di compare, dianalisa, kemudian dikeluarkan dalam bentuk formula-formula kebijakan yang makin kreatif. Jangan berhenti bereksperimen, dan setiap rupiah yang kita transfer tidak boleh menjadi rupiah yang sia-sia,” ujar Sri Mulyani.

Sebagai penutup, dia mengucapkan selamat bekerja kepada seluruh tim yang baru dilantik. Sri Mulyani juga berpesan agar seluruh jajaran dapat terus bekerja dengan sebaik-baiknya dan berkomitmen untuk terus menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Anda akan bekerja dengan etika dan Anda jelas tidak boleh mengkhianati dengan menjaga integritas. Selamat bekerja semuanya, selamat terus membangun Indonesia,” pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper