Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Negara-Negara yang Memproduksi Galium dan Germanium Selain China

Berikut negara-negara yang memproduksi logam galium dan germanium.
Ilustrasi bendera China ditempatkan di sebelah Galium dan Germanium pada tabel periodik elemen./Reuters
Ilustrasi bendera China ditempatkan di sebelah Galium dan Germanium pada tabel periodik elemen./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - China baru-baru ini mengumumkan pembatasan ekspor dua logam penting yakni galium dan germanium. Bahkan, pembeli galium terbesar mengatakan bahwa para klien atau pengusaha menimbun logam tersebut. 

Sebagaimana diketahui, China pada Senin (3/7) akan memberlakukan pembatasan ekspor beberapa produk galium dan germanium. China juga diketahui memproduksi sebagian besar galium dan germanium dunia.

"Konsumen kami sama sekali tidak santai tentang hal ini. Sekarang ada ledakan pesanan yang dilakukan untuk meningkatkan tingkat persediaan. Industri ini sangat gelisah," ucap CEO Freiberger Compound Materials Michael Harz. 

Sebagai catatan, Freiberger Compound Materials merupakan pengguna sekitar 10 persen total produksi galium di dunia dan hampir sepenuhnya mengandalkan pemasok dari China. 

Ketua Asosiasi Pertambangan Global China, Peter Arkell juga mengungkapkan bahwa sangat sulit bagi negara lain untuk menggantikan China dalam waktu singkat atau dalam jangka waktu menengah

Lantas, negara apa saja yang memproduksi galium dan germanium?

Menurut asosiasi industri Eropa Critical Raw Materials Alliance (CRMA) China memproduksi sekitar 60 persen germanium dunia. Sisanya berasal dari Kanada, Finlandia, Rusia, dan Amerika Serikat.

Untuk galium, CRMA mengatakan bahwa sebanyak 80 persen diproduksi di China.

Namun, walaupun didominasi oleh China, terdapat negara lain yang juga membuat logam ini. Menurut US Geological Survey, gallium primer dalam jumlah kecil yakni sekitar 10 metrik ton pada 2021 diproduksi oleh Jepang, Rusia, dan Korea Selatan. Jumlah tambahan juga berasal dari bahan daur ulang

Kemudian, Jerman dan Kazakhstan juga memproduksinya di masa lalu. Setelah harga naik pada tahun 2020 dan 2021, Jerman mengumumkan akan memulai kembali produksi galium primer.

Diketahui hanya beberapa perusahaan yang dapat mengolah material galium sesuai dengan kemurnian yang dibutuhkan. Perusahaan tersebut meliputi satu di Eropa dan sisanya di negara Jepang dan China

Teck Resources Kanada juga adalah produsen germanium terbesar di Amerika Utara, mengekstraksi bahan dari peleburan Trail di British Columbia.

Perusahaan Indium yang berbasis di AS juga memproduksi germanium, sedangkan Umicore Belgia membuat germanium dan galium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper