Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Izin Ekspor Belum Keluar, Freeport: Masih Komunikasi Dengan Kemendag

PT Freeport Indonesia (PTFI) menjawab perkembangan terkait dengan surat izin ekspor konsentrat tembaga oleh Kemendag.
Progres konstruksi smelter konsentrat tembaga PT Freeport Indonesia di  Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) JIIPE, Gresik, Jawa Timur, Rabu (29/3/2023)/Bisnis-Denis Riantiza Meilanova
Progres konstruksi smelter konsentrat tembaga PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) JIIPE, Gresik, Jawa Timur, Rabu (29/3/2023)/Bisnis-Denis Riantiza Meilanova

Bisnis.com, JAKARTA - PT Freeport Indonesia (PTFI) menjawab perkembangan terkait dengan surat izin ekspor konsentrat tembaga oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag).

VP Corporate Communications PTFI, Katri Krisnati mengatakan bahwa untuk izin sampai saat ini belum dikeluarkan oleh pihak Kemendag.

Namun, pihaknya dengan pihak Kemendag masih terus melakukan komunikasi terkait dengan izin ekspor konsentrat tembaga dari PT Freeport.

"Betul [belum keluar izin]. Sampe sejauh ini masih dalam tahap komunikasi [dengan Kemendag],” kata Katri saat dikonfirmasi, Selasa (11/3/2023).

Diketahui, PT Freeport mendapatkan relaksasi ekspor konsentrat hingga 31 Mei 2023. Hingga saat ini, izin ekspor tersebut belum dikeluarkan oleh Kemendag sehingga membuat Freeport tidak dapat menjual konsentrat mereka.

Kemendag Rampungkan Izin Ekspor Freeport Pekan Ini

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Budi Santoso mengatakan, pihaknya butuh proses dalam merevisi Peraturan Menteri Perdagangan terkait. 

Hal tersebut agar bisa disinkronkan dengan rekomendasi ekspor dari Kementerian ESDM yang tertuang dalam Permen ESDM No. 7/2023.

“Permendagnya kan harus diubah, wong ubah Permendag itu kan setelah Permen ESDM. Permennya kan selesai, kan ada prosesnya ya,” kata Budi kepada media di Jakarta, Kamis (6/7/2023).

Dia menargetkan, izin ekspor PT Freeport bakal keluar pada pekan ini. “Mudah-mudahan minggu ini selesai ya Permendagnya, kan harus ada Permendag dulu. Secepatnya lah minggu ini mudah-mudahan sudah ada,” lanjut Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukman Nur Hakim
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper