Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Revitalisasi Terminal Bus Cepu Telan Dana Rp32 Miliar, Termasuk untuk Bangun Pusat Kuliner

Terminal Tipe A Cepu di Kabupaten Blora, Jawa Tengah yang dimulai revitalisasinya akan mengusung konsep ragam fungsi termasuk untuk kuliner.
Ilustrasi terminal bus./Bisnis- Lukman Nur Hakim
Ilustrasi terminal bus./Bisnis- Lukman Nur Hakim

Bisnis.com, JAKARTA – Revitalisasi Terminal Bus Tipe A Cepu di Kabupaten Blora, Jawa Tengah telah resmi dimulai pada Jumat (16/6/2023). Terminal tersebut akan dibangun dengan konsep beragam keperluan atau mixed use.

Terminal Cepu akan dibangun dengan luas lahan 15.748 meter persegi di jalan Megal, Balun, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Pemerintah mengalokasikan dana anggaran Rp32 miliar untuk pembangunan dan direncanakan selesai akhir tahun 2023.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hendro Sugiatno menjelaskan, terminal tersebut nantinya akan memiliki fasilitas utama, penunjang, dan komersil untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.

Dia menerangkan, konsep perencanaan terminal dibuat terintegrasi dengan pusat kegiatan masyarakat setempat seperti perkantoran, pendidikan, dan pemukiman serta mampu menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru wilayah.

“Pembangunan Terminal Tipe A di Cepu ini fungsinya bukan hanya untuk menaikkan dan menurunkan penumpang tapi ada fungsi-fungsi lain yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Cepu. Seperti halnya untuk destinasi kuliner, sehingga terminal ini tumbuh dan hidup,” jelas Hendro dalam keterangan resminya, Sabtu (17/6/2023).

Selain itu, optimalisasi layanan pada terminal ini juga akan dilakukan dengan pola kepengusahaan dalam rangka mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional. Hal tersebut sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Adapun, Hendro juga mengharapkan sinergi antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Kabupaten Blora menjadi contoh yang baik bagi daerah lainnya dalam mewujudkan peningkatan pelayanan yang aman, nyaman dan selamat kepada pengguna jasa transportasi jalan raya dan terminal sebagai simpulnya.

Kementerian Perhubungan nantinya juga memberikan kesempatan kepada berbagai pihak, termasuk swasta, BUMN maupun BUMD untuk bekerjasama dalam pengembangan infrastruktur Terminal Penumpang Tipe A Cepu melalui berbagai skema kerjasama yang dapat melibatkan pihak ketiga.

Sementara itu, Anggota Komisi V DPR RI, Sudewo menyampaikan, Terminal Tipe A Cepu nantinya tidak hanya menghadirkan fisik tetapi juga menghadirkan unsur keindahan, sosial, dan ekonomi serta dirancang dengan tingkat estetika yang tinggi. 

“Meskipun hadir secara modern tetapi tidak menggusur unsur tradisionalnya. Insyaallah lingkungan juga akan diatur dengan baik,” ujarnya.

Adapun, Bupati Blora, Arief Rohman memohon dukungan untuk program-program yang dapat menunjang keberadaan Terminal Tipe A Cepu agar semakin mampu memberikan manfaat, selain bisa menyambungkan kota-kota di sekitar Cepu juga bisa menjangkau kabupaten-kabupaten yang lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper