Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Crazy Rich Grobogan Calonkan Diri Jadi Ketua Umum REI 2023-2026

Crazy rich Grobogan, Joko Suranto resmi mendaftarkan diri sebagai kandidat calon Ketua Umum Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) periode 2023-2026. 
Joko Suranto dalam sebuah wawancara dengan media - Twitter
Joko Suranto dalam sebuah wawancara dengan media - Twitter

Bisnis.com, JAKARTA - Crazy rich asal Grobogan, Jawa Tengah, Joko Suranto resmi mendaftarkan diri sebagai kandidat calon Ketua Umum Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) periode 2023-2026. 

Pria kelahiran 20 Januari 1969 itu saat ini merupakan CEO Buana Kassiti Group, sekaligus Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPP) REI Jawa Barat. Pada tahun ini, dia berambisi dan didukung oleh 30 DPD REI se-Indonesia untuk menjadi REI-1, menggantikan Paulus Totok Lusida.

Untuk diketahui, sosok Joko Suranto sempat ramai diperbincangkan publik pada April 2022 lalu ketika dirinya berinisiatif memperbaiki jalan rusak di kampung halamannya, yaitu Desa Jetis, Kecamatan Karangrayung, Grobogan, Jawa Tengah. 

Tak tanggung-tanggung, Joko menggelontorkan harta pribadinya sebesar Rp2,8 miliar untuk perbaikan jalan sepanjang 3 kilometer yang menghubungkan tiga desa, yaitu Telawah, Jetis, dan Nampu. 

Kini, bukan hanya di kampung halaman, Joko mengaku ingin mengabdi lebih banyak untuk asosiasi pengusaha realestat terbesar di Tanah Air. Dia telah bergabung sebagai anggota REI sejak 2009. 

“Bersinergi dan berkolaborasi, itulah yang menjadikan sebuah organisasi kuat. Itu yang menjadi tekad saya, sehingga REI mampu semakin berkontribusi bagi bangsa dan negara,” kata Joko dalam keterangan resminya, Sabtu (27/5/2023). 

Joko menrupakan kandidat calon Ketua Umum REI periode 2023-2026 pertama yang mendaftar. Dia menuturkan, langkah ini merupakan panggilan jiwa untuk menjadikan REI lebih baik dan bermanfaat ke depannya. 

Dia juga mengaku organisasi properti ini sangat mengedepankan kekeluargaan dan kebersamaan. Namun, menurutnya, REI masih harus terus bertumbuh dan belajar banyak hal untuk memajukan bisnis properti. 

Selama ini, dirinya juga sering berkomunikasi dan berdiskusi dengan Ketua DPD REI lainnya tentang berbagai persoalan di lapangan. Berbagai kasus pengembang properti di berbagai daerah pasti berbeda, menurutnya hal ini dapat menjadi pembelajaran bersama. 

Jika kelak terpilih, Joko Suranto berjanji akan bekerja untuk kepentingan seluruh anggota REI baik pengembang menengah kecil atau pengembang besar dengan dasar prioritas. 

Dia memastikan semua segmen pasar properti membutuhkan kepastian berusaha, keterwakilan, dan kolaborasi. 

“Semua ada skala prioritas, di mana saat ini pengembang menengah kecil di daerah yang banyak membangun rumah subsidi masih butuh perhatian lebih. Itu akan kita prioritaskan dulu, meski persoalan lain juga tetap terus kita kawal,” tegasnya.

Joko Suranto merupakan alumnus Fakultas Hukum (FH) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta tahun 1993. Saat ini, dia adalah Ketua Yayasan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) FH UNS.

Di samping itu, Ketua Tim Pemenangan Joko Suranto yang juga Ketua DPD REI Sumatra Utara Andi Atmoko Panggabean mengatakan 37 DPD REI se-Indonesia sudah sepakat untuk mendukung Joko Suranto menjadi nahkoda REI periode 2023-2026. 

Pihaknya sudah melengkapi semua persyaratan yang ditetapkan Panitia Penjaringan Calon Ketua Umum REI termasuk fakta integritas, legalitas keanggotaan REI, surat keterangan sehat dari dokter, surat berkelakuan baik dari Kepolisian dan lain-lain.

“Yang pasti, Pak Joko Suranto ini sudah siap untuk mewakafkan diri, waktu dan pemikirannya bagi kemajuan REI ke depan,” kata Moko, panggilan akrabnya.

Dia menambahkan, sebagai pengusaha properti yang membangun di semua segmen dari rumah subsidi hingga proyek properti komersial, Joko Suranto memahami betul berbagai persoalan serta regulasi yang menghambat dan menyulitkan pengembang. 

"Sehingga diharapkan dapat menemukan solusi terbaik untuk kemajuan bisnis anggota REI," tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper