Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LRT Jabodebek Mulai Uji Coba Senin Besok

Progres konstruksi proyek ini telah mencapai sekitar 93 persen. Seiring dengan hal tersebut, operator akan memulai masa uji coba (trial run) mulai pada Senin.
Kendaraan melintas di dekat rangkaian gerbong kereta Light Rail Transit (LRT) di Jakarta, Minggu (2/10/2022). Bisnis/Suselo Jati
Kendaraan melintas di dekat rangkaian gerbong kereta Light Rail Transit (LRT) di Jakarta, Minggu (2/10/2022). Bisnis/Suselo Jati

Bisnis.com, JAKARTA – Moda transportasi LRT Jabodebek dijadwalkan akan memulai masa uji coba operasi (trial run) pada pekan depan. 

Kepala Divisi LRT Jabodebek Mochamad Purnomosidi menjelaskan progres konstruksi proyek ini telah mencapai sekitar 93 persen. Seiring dengan hal tersebut, operator akan memulai masa uji coba (trial run) mulai pada Senin (15/5/2023) besok. 

Untuk mempersiapkan uji coba ini, dia mengatakan LRT Jabodebek telah melakukan apel bersama seluruh stakeholder terkait dan seluruh petugas.

“Untuk trial run ini berarti LRT Jabodebek akan dioperasikan seperti saat nanti layanannya sudah berbayar,” jelas Purnomosidi di Jakarta pada Minggu (14/5/2023).

Dia memaparkan, salah satu aspek yang akan dicermati saat masa uji coba ini adalah standar operasi prosedur dari train attendant. Hal ini mengingat operasi kereta LRT Jabodebek tidak menggunakan masinis karena memakai sistem Communication-Based Train Control (CBTC) dengan Grade of Automation (GoA) level 3.

Purnomosidi menuturkan train attendant pada LRT bertugas untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan dan jika dibutuhkan untuk penanganan dalam kondisi darurat.

Selain itu, operator juga akan melaksanakan simulasi beberapa skenario keadaan darurat seperti kejadian kereta anjlok, gempa, kebakaran, hingga jika penumpang sakit. Purnomosidi menyebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan rumah sakit setempat, Basarnas, hingga TNI dan Polri untuk melakukan simulasi ini.

Selanjutnya, Purnomosidi juga mengkonfirmasi LRT Jabodebek akan mulai beroperasi pada 12 Juli 2023. Dia mengatakan, pihaknya akan memberlakukan penggratisan tarif hingga grand launching LRT Jabodebek dan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) yang rencananya akan dilakukan pada 17 Agustus 2023.

Dia menjelaskan, program penumpang LRT tak berbayar ini akan terbatas melalui undangan atau melalu pendaftaran yang nantinya akan dibuka melalui media sosial resmi LRT Jabodebek.

Sementara itu, Purnomosidi mengatakan jam operasional LRT Jabodebek pada periode Agustus-Desember 2023 akan pada pukul 06.00 hingga 21.00 WIB. Selanjutnya, masa operasional LRT Jabodebek akan dimulai pada 05.30 hingga 23.15 WIB.

“Kalau pada periode Agustus sampai Desember 2023 demand-nya dirasa cukup tinggi, maka kami siap segera pindahkan ke jam operasi normal,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper