Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ID Food: 20 Kapal Angkut Gula Impor Tiba di Indonesia Besok

ID Food menyebut lebih dari 20 kapal pengangkut gula kristal putih (GKP) impor akan tiba di Indonesia besok, Selasa (4/4/2023).
Ilustrasi gula impor - Istimewa.
Ilustrasi gula impor - Istimewa.

Bisnis.com, JAKARTA - Lebih dari 20 kapal pengangkut gula kristal putih (GKP) impor akan tiba di Indonesia besok, Selasa (4/4/2023). Kapal-kapal ini akan tersebar di tiga lokasi, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Pelabuhan Belawan, Medan, dan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero)/ID Food, Frans M. Tambunan, mengungkapkan, gula impor yang datang tersebut merupakan impor gula tahap pertama dari total penugasan 107.900 ton hingga Mei 2023.

“Ada sekitar 20 kapal lebih, karena tahun ini kecil-kecil kapalnya. [Didatangkan melalui] Medan, Jakarta, Surabaya. Itu ada hampir 20 kapal, jadi aku nggak ingat [berapa ton yang tiba besok],” kata Frans saat ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (3/4/2023).

Sebanyak 2.000 ton gula impor asal Thailand sebelumnya sudah tiba di Indonesia melalui Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada Jumat (31/3/2023).

Adapun, Gula impor yang akan tiba pada Selasa (3/4/2023) juga berasal dari Thailand, sedangkan sisanya, akan didatangkan dari India.

Sebagai informasi, BUMN holding pangan, ID Food, mendapat penugasan pengadaan stok gula tahap pertama sebesar 107.900 ton hingga Mei 2023 atau sebelum musim giling tebu tiba. Untuk tahap kedua, akan menyesuaikan kondisi pasokan gula.

“Jadi kalau [stok gula] kurang, akan ada [impor] di ujung semester II/2023, tapi nanti selalu melihat evaluasi dari penugasan yang pertama itu. Kalau [gula] tidak kurang, tidak dilanjutkan, kalau kurang dilanjutkan. Jadi tuh belum tentu harus direalisasikan [impor gula] yang kedua,” jelasnya.

Adapun, impor gula akan didatangkan melalui tiga pelabuhan. Pertama, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta yang akan didistribusikan ke wilayah Jakarta, Lampung, Sulawesi Selatan, Pontianak, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

Kedua, melalui Pelabuhan Belawan, Medan akan didistribusikan ke wilayah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, dan Jambi.

Sementara itu, gula impor melalui Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya akan didistribusikan ke wilayah Palangkaraya, Banjarmasin, Makassar, Bali, NTB, dan NTT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper